Bawaslu Sulsel Kerjasama Diknas dan Kemenag

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan menandatangani naskah kerjasama Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Senin, (25/4) petang.
Naskah kerjasama langsung ditandatangani oleh Ketua Bawaslu Sulsel HL. Arumahi, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Dr. Setiawan Aswad, M.Dev.P.L.G dan Kakanwil Kemenag Sulsel Drs.H. Khaeroni,M.Si.
Hadir anggota Bawaslu Sulsel Amrayadi, SH,MH, Dr. Azry Yusuf,SH, MH, dan Kasek Bawaslu Sulsel Dr. Jalaluddin serta Kabag Pengawasan Nurawandatu, Sos,MH.

Penandatanganan dilaksanakan pada acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada Pemilih Pemula dengan peserta utusan siswa SLTA dan Madrasah Aliyah se Kota Makassar.
HL. Arumahi mengatakan penandatanganan kerjasama ini merupakan penguatan atas kerjasama Bawaslu Kabupaten/Kota dengan Kacab Diknas dan Kemenag Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan yang sudah berjalan selama ini.
“Beberapa tahun terakhir telah banyak kali melakukan sosialisasi pengawassn partisipatif bagi pemilih pemula dan Kemah Adyasta yang melibatkan siswa SMA, SMK DAN Madrasah Aliyah,”ujar Arumahi.

Kadis Pendidikan Dr. Setiawan Aswad menyambut baik kerjasama ini. Kedepan katanya, perlu peningkatan kapasitas dan wawasan para guru atau pengajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) oleh karena materi kepemiluan dalam buku ajar sangat terbatas.
Sementara Kakanwil Kemenag Sulsel Drs. H. Khaeroni,M.Si membuka ruang bagi Bawaslu untuk melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan melibatkan siswa Madrasah Aliyah dan jajaran penyuluh agama di daerah.
Amrayadi yang menjadi narasumber diskusi menjelaskan, politik uang atau jual beli suara dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada dilarang oleh undang-undang dan sanksinya cukup berat.
Politik uang kata mantan Ketua KPU Soppeng ini, telah mencederai demokrasi karena pemilih tidak lagi berdaulat dalam menggunakan hak pilihnya. “Oleh karena itu, pemilih pemula harus berani menolak politik uang karena menyebabkan pejabat terpilih korupsi uang rakyat dan merugikan rakyat,”jelas Amrayadi.
Sosialisasi akhiri dengan tanya jawab dan buka puasa bersama. (rif)

  • Bagikan