Pemkab-BPD Fasilitasi Warga Bekerja di LN

  • Bagikan

ENREKANG, BKM –Pemkab Enrekang gencar memfasilitasi warganya yang hendak bekerja di luar negeri. Sejumlah korporasi membidik SDM asal Enrekang, untuk diberangkatkan ke negara-negara seperti Jepang, Arab Saudi, hingga Qatar.
Bupati Enrekang Muslimin Bando menyebut, warganya sangat antusias menyambut peluang kerja ini. Namun warga kerap terkendala oleh biaya pelatihan dan pemberangkatan.
“Kita menyadari hal ini, dan tidak mungkin kita tidak bantu. Karena itu kami sudah berkoordinasi dengan perbankan, khususnya BPD Sulselbar,” kata MB.

BPD Sulselbar siap membantu memfasilitasi pinjaman untuk biaya pelatihan dan pemberangkatan. Pinjaman itu bisa dibayar setelah menerima gaji. Misalnya dicicil selama bekerja disana.
Biaya pemberangkatan belasan juta rupiah, bisa dicicil lewat BPD Sulselbar. Dan cicilannya pun terbilang ringan jika dibandingkan gaji di tempat kerja nanti.
“Gaji di Jepang misalnya, mencapai Rp18 juta, ,itu sangat mencukupi,” kata MB.
“Intinya Pemerintah mencarikan jalan paling mudah. Agar putra putri Enrekang bisa meningkat kesejahteraannya,” tegas Ketua DPD Golkar Enrekang ini.

Pemkab Enrekang berterimakasih atas kesediaan Bank BPD Sulselbar mempermudah bantuan biaya pemberangkatan tenaga kerja ini.
“Semakin banyak yang bisa bekerja di luar negeri, akan membawa devisa bagi negeri kita, khususnya untuk Enrekang,” tandasnya.
Sebelumnya, Pemkab Enrekang gencar memfasilitasi warga untuk bekerja di luar negeri. Arab Saudi misalnya, merekrut bidan dan perawat untuk berkarir di RS dr Sulaiman Al-Habib.
Perhotelan di Qatar juga mengincar SDM asal Enrekang, untuk bekerja sebagai persiapan Qatar menggelar Piala Dunia 2022. Salah satu warga yang akan bekerja di luar negeri, Agung, juga mengajak rekan-rekannya tidak ragu memanfaatkan peluang itu. Agung merupakan honorer Satpol PP.
“Kami siap berangkat. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada bapak Bupati yang telah memfasilitasi kami,” kata Agung.
Warga lainnya, Nurul Reskiyanti juga akan berangkat sebagai tenaga kesehatan di RS dr Sulaiman Al-Habib Arab Saudi. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan agensi PT. Timuraya Jaya Lestari yang telah memfasilitasi mereka.
(her/C)

  • Bagikan