STMIK AKBA Beralih Menjadi Unitama

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID - STMIK ABA Makassar telah beralih status menjadi jadi Universitas Teknologi AKBA Makassar (Unitama). Peralihan status ini mengacu pada SK Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI nomor: 279/E/0/2022, tertanggal 13 April 2022.

SK tersebut ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nizam atas nama Mendikbudristek RI

.
Ketua STMIK AKBA Dr H Askar Taliang menjelaskan, penyerahan SK secara resmi dari Kemendikbud Ristek menunggu jadwal dari Kantor LLDikti IX Sultan Batara yang merupakan perpanjangan tangan Kemendikbud Ristek di daerah. Unitama mengelola program studi S1 Sistem Informasi, S1 Teknik lnformatika, Komputerisasi Akuntansi Program Diploma Tiga, Teknik Komputer Program Diploma Tiga, S1 Bisnis Digital, S1 Teknologi lnformasi, dan S1 Pendidikan Teknologi Informasi.

”Untuk perubahan status dari sekolah tinggi menjadi universitas ini telah dipersiapkan dengan meningkatkan kualitas sumber daya dosen,” ujarnya, kemarin.

Saat ini ada sebanyak 21 dosen sedang merampungkan studi jenjang S3 pada program pascasarjana di Makassar, Jawa, dan Jepang. Dari dosen yang lanjut studi itu, 18 orang atas bantuan biaya dari pihak yayasan serta tiga dari pihak penyelenggara beasiswa dari negara.

Sekolah Pascasarjana para dosen itu lanjut studi menyebar di Unhas dan UNM Makassar, ITS, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Yokyakarta, serta Jepang.

Diharapkan dalam satu dua tahun terakhir ini mereka akan merampungkan studi dan kembali memperkuat proses pembelajaran di kampus.
Unitama juga akan segera dipersiapkan membuka program studi pascasarjana.

Saat ini total tenaga dosen berjumlah 48 orang dan tiga dosen dengan jenjang pendidikan doktor.

Unitama segera melakukan pembenahan fisik kampus dengan merenovasi gedung saat ini dengan membangun kampus berlantai sembilan. (rls)

  • Bagikan