Danny, Adnan dan Indah Masih Menjabat Hingga 2025

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM–Kontestasi pemilihan gubernur (pilgub) Sulsel 17 November 2024 lebih berpeluang diikuti sejumlah kepala daerah yang masih menjabat hingga 2025 mendatang.
Peluang besar lantaran mereka terpilih pada pemilihan wali kota (pilwali) dan pemilihan bupati (pilbup) 2020 lalu.
Berbeda untuk kepala daerah yang masa kerjanya berakhir pada 2022 seperti Takalar serta 11 daerah yang berakhir pada 2023.
Para kepala daerah, khususnya yang sudah memimpin selama dua peride diantaranya Mohammad Ramdhan Pomanto dari Kota Makassar, Adnan Purichta Ichsan dari Kabupaten Gowa, Indah Putri Indriani dari Luwu Utara dan Andi Kaswadi Razak dari Soppeng.
Ada juga kepala daerah yang sudah dua periode menjabat, namun kemungkinan akan maju sebagai calon anggota legislatif seperti Basli Ali dari Selayar, Theofilus Allorerung dari Tana Toraja dan Suardi Saleh dari Barru.

Untuk para kepala daerah dua periode yang masa kerjanya berakhir antara 2022 dan 2023 yakni Syamsari Kitta dari Takalar, Taufan Pawe dari Parepare, Andi Fahsar M Padjalangi dari Bone, Iksan Iskandar dari Jeneponto, Muslimin Bando dari Enrekang, Judas Amir dari Palopo serta Basmin Mattayang dari Luwu.
Para kepala daerah ini lebih pas jika maju sebagai caleg, baik untuk DPRD Sulsel maupun DPR RI.
Selain kepala daerah juga ada pimpinan partai politik, anggota DPR RI dan anggota DPRD Sulsel, termasuk gubernur petahana Andi Sudirman Sulaiman (ASS).

Kini muncul nama Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras yang kini tercatat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang mengurusi infrastruktur dan perhubungan.
Sejumlah kader Gerindra mendorong Andi Iwan maju calon Gubernur menantang Andi Sudirman Sulaiman.
Pada sejumlah kesempatan, Andi Iwan memilih fokus menyelesaikan tugasnya di senayan.
Terbaru Andi Iwan memimpin rombongan Komisi V DPR RI membahas rekonstruksi infrastruktur dan transportasi pasca bencana di Padang, Provinsi Sumatera Barat, Senin, 18 April.
Andi Iwan menggelar pertemuan dengan Bupati Pasaman Barat, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kemendes PDTT, Basarnas, BMKG, dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.
Sebelumnya Sekretaris DPD Gerindra Sulsel Darmawangsyah Muin juga mendorong Andi Iwan agar maju dan bertarung Pilgub Sulsel.
Wakil Ketua DPRD Sulsel itu mengatakan siap memimpin pemenangan di wilayah Selatan, mulai dari Kabupaten Gowa hingga Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Saya tanggung jawab penuh pemenangan di Selatan Sulsel. Kita siap memenangkan Pak Ketua di Selatan, kita segera panaskan mesin partai dan konsolidasi kader,”jelas Darmawangsyah Muin baru-baru ini.
Menurut Darmawangsyah, Andi Iwan punya pengalaman kepemimpinan sebagai anggota DPR RI dua periode.
Kedua, Andi Iwan punya pengalaman kepemimpinan sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang mengurusi infrastruktur, perhubungan di 34 provinsi se-Indonesia. Ditambah lagi kepemimpinan sebagai Ketua Kadin Sulsel dan tokoh pengusaha.
“Terus terang melihat Pak Ketua Andi Iwan Aras roadshow di Dapil 2 itu adalah kabar gembira bagi kami para kader, kami ingin ketua kami maju Pilgub Sulsel. Ada semangat ingin menang di internal Gerindra, kita ingin menangkan kader Gerindra jadi gubernur,” kata Wawan-panggilan akrab Darmawangsyah Muin.
Sebelumnya, ketua DPD PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri dan anggota Fraksi Nasdem DPR RI Rapsel Ali mengak tidak berniat maju di pilgub Sulsel. (rif)

  • Bagikan