SDM Menetukan Keberhasilan Program Bawaslu

  • Bagikan

MAROS, BKM–Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, HL Arumahi mengatakan kapasitas sumberdaya manusia mempunyai peran utama dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan program-program Bawaslu.
Menurut Arumahi, tanpa dukungan SDM yang handal, kinerja lembaga tidak akan berjalan dengan baik meskipun didukung sarana, prasarana serta anggaran yang memadai.

“Sumberdaya yang paling penting bagi kelembagaan Bawaslu adalah personal yang memberikan kerjanya, bakatnya, kreativitas, dan semangatnya kepada organisasi,”ucap Arumahi saat memberikan arahan pada Rapat Peningkatan Kapasitas dan Pembinaan SDM Bawaslu Kabupaten Maros di Ruang Sidang Bawaslu Maros, Selasa (12/4).

Arumahi menjelaskan bila kapasitas sumberdaya manusia itu berorientasi pada skill atau kemampuan, yang menentukan berhasilnya seseorang menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan kepadanya secara optimal,” tuturnya.
Dijelaskan bila meningkatnya kapasitas sumberdaya manusia dalam organisasi merupakan syarat mutlak untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi, terlebih organisasi tersebut merupakan badan publik seperti Bawaslu. “Peningkatkan kapasitas SDM menjadi kebutuhan yang harus dilaksanakan oleh Bawaslu. Kendati demikian, juga perlu terbangun kesadaran personal untuk terus mengembangkan diri, mengembangkan kapasitasnya sendiri,”terangnya.
Selain Arumahi, rapat tersebut dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Maros, Kepala Sekretariat beserta jajaran pegawai di lingkungan Bawaslu Kabupaten Maros. (rif)

  • Bagikan