Resso Ajak Penggemar Nikmati Putar Musik Korea Lintas Generasi

  • Bagikan

JAKARTA, BKM.FAJAR.CO.ID - Sejak budaya pop Korea Selatan yang dikenal dengan ‘Korean Wave’ atau ‘Hallyu’ (bahasa Korea) mendunia dalam dua dekade terakhir, hampir semua aspek budaya Korea dapat ditemui di mana saja, termasuk Indonesia.
Mulai dari gaya busana, produk kecantikan dan perawatan muka, makanan, bahasa, dan tentunya film dan musik. Istilah ‘K-Pop’ (kependekan dari Korean Pop Music) mengacu tidak saja pada genre musik, tapi juga mencakup gaya busana, kecantikan dan gaya hidup yang dibawakan para musisi atau artis Korea.
Melihat fenomena yang ada, Resso, aplikasi streaming musik sosial pertama di Indonesia, bulan ini menyoroti genre musik K-Pop lewat daftar putar unggulan bertajuk ‘Pengenalan Pertama Pada K-Pop (P3K)’. Daftar putar yang dikurasi secara khusus ini ingin mengajak para pengguna dan K-Popers di seluruh Indonesia untuk bersama-sama menikmati lagu-lagu K-Pop unggulan lintas generasi sekaligus berinteraksi satu sama lain di Resso.
Sebagai salah satu negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia, Indonesia menempati posisi teratas untuk jumlah fans musik K-Pop terbanyak di dunia maya pada 2021 melalui penelusuran akun penulis cuitan berdasarkan hasil riset terbaru dari Twitter. Dari sisi artis, lima besar yang paling populer sebagai topik diskusi adalah BTS, NCT, BLACKPINK, EXO, dan TREASURE
Matthew Tanaya, Artist Promotions Lead Resso Indonesia, mengungkapkan, selama dua dekade terakhir, telah disaksikan bagaimana genre musik asal Korea ini telah membuka babak baru bagi industri musik dunia lewat musisi penuh bakat, sajian musik yang menyentuh hati, dan aksi panggung yang mengundang decak kagum penggemar di seluruh dunia.
Tidak hanya itu, komunitas K-Popers juga dikenal sebagai salah satu komunitas penggemar yang memiliki rasa kebersamaan dan interaksi sosial yang luar biasa. Berangkat dari fenomena ini, Resso ingin memfasilitasi komunitas K-Popers untuk menikmati lagu dari artis atau grup musik favorit mereka sambil berinteraksi dengan penggemar K-Pop lainnya di Resso.
”Didukung berbagai fitur interaksi sosial yang tersedia dalam aplikasi, termasuk lewat program P3K, kami harap para K-Popers dapat menikmati lagu unggulan dari musisi favorit mereka lintas generasi secara bersama-sama di Resso,” katanya.
Untuk tahap pertama, 12 sampai 14 April 2022, Gen 1-4 – Kilas balik ke perjalanan grup K-Pop Generasi pertama seperti Shinwa, BoA; Generasi kedua, Super Junior, Bigbang, Girl’s Generations; Generasi ketiga, BTS, Blackpink, Twice; dan Generasi terkini seperti aespa, Stray Kids, Tomorrow x Together.
Rookie Spotlight – Menyoroti para debutan yang beraspirasi untuk menjadi the next big thing seperti NMIXX, P1Harmony, dan Ive.
Sedangkan tahap kedua, 24 sampai 26 April 2022, K-Pop Boys Club – Daftar putar lagu yang dinyanyikan oleh boy-group seperti NCT Dream, TREASURE, serta Enhypt.
K-Pop Girls Club – Daftar putar lagu yang didedikasikan bagi girl-group seperti (G)I-DLE, Red Velvet, dan ITZY.
Top Tracks K-Pop – Daftar putar lagu-lagu yang paling banyak didengarkan pengguna di Resso, di antaranya TREASURE, Lisa, dan Secret Number.
K-Pop Tiktok Hits – Daftar putar Best of K-Pop yang viral di Tiktok, dan Korean OST Hits – Kumpulan lagu-lagu soundtrack populer dari K-Drama kesayangan.
Sebagai aplikasi streaming musik sosial, Resso menyediakan berbagai kesempatan bagi para pengguna dan fans K-Pop untuk mengakses dan menggunakan lagu-lagu dalam daftar putar dalam kegiatan bersama, seperti mendengarkan lagu bersama sahabat, membuat Duo Daily Mix atau daftar putar bersama kesayangan, atau berinteraksi dengan sesama fans melalui fitur Komentar.
Untuk memperkaya pengalaman musik para penggemar K-Pop di Indonesia, Resso baru-baru ini mengadakan program Resso Talk, sebuah program wawancara eksklusif yang menyoroti musisi dunia, termasuk grup K-Pop TREASURE yang dapat didengarkan di seluruh kanal media sosial Resso. (ita)

  • Bagikan