Wabup Gowa Akui TNI Banyak Berkontribusi Majukan Daerah

  • Bagikan

GOWA, BKM.FAJAR.CO.ID - Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad, Jumat (8/4), berkunjung ke Kabupaten Gowa. Kunjungan Pangdam ini terpusat di Kodim 1409 Gowa, Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu.
Dalam kunjungannya itu, Mayjen TNI Andi Muhammad yang datang bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin, Amelia Andi Muhammad, disambut Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni bersama jajaran pejabat Pemkab Gowa serta jajaran Polres Gowa.
Dalam lawatannya itu, Pangdam XIV mengakui mengapresiasi kinerja Kodim 1409 Gowa yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam bersinergi bersama Forkopimda Kabupaten Gowa serta upaya-upaya dalam melakukan kolaborasi. Termasuk juga dengan para tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama.
Pangdam XIV mengatakan, Tripilar (tiga pimpinan kelurahan desa) adalah ujung tombak yang membantu melaksanakan program-program pemerintah di bawah.
”Karena itu, saya harapkan sinergitas dan soliditas yang tinggi antara lurah/kepala desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam menjalankan tugas-tugasnya. Saya harapkan kepada Tripilar untuk terus mengayomi dan membantu masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” kata cucu pahlawan nasional Andi Mappanyukki ini.
Dalam kesempatan itu pula, Pangdam XIV mengatakan, selama pandemi Covid-19, seluruh daerah di nusantara terdampak pada sektor ekonomi. Sektor ekonomi melumpuh dan dominan anggaran daerah terserap untuk penanganan Covid-19. Termasuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Sektor ekonomi masyarakat terus mengalami penurunan.
”Dimasa pandemi ini, masyarakat perlu sentuhan. Salah satunya yaitu kita bisa memberikan sesuatu. Misalnya Sembako. Paling tidak, kita bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam mengatasi kesulitannya,” kata Pangdam XIV.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengatakan, keberhasilan percepatan pembangunan daerah saat ini khususnya di Gowa, karena adanya kolaborasi dari seluruh stakeholder. Salah satunya kontribusi TNI dalam mendukung penuh program-progam yang dicanangkan untuk kemajuan daerah.
”Selama ini sinergi dan kolaborasi yang baik telah dijalankan antara Pemkab Gowa dengan TNI. Baik yang sifatnya fisik, maupun program – program sosial kemasyarakatan, termasuk dalam penanganan Covid-19,” kata Wabup Gowa yang akrab disapa Karaeng Kio ini.
Dikatakan, dukungan TNI dalam percepatan penanganan Covid-19 terlihat nyata dengan keterlibatannya membantu pemerintah kabupaten dalam mempercepat capaian cakupan vaksinasi seusai yang ditargetkan. Selain itu keterlibatan TNIvmelalui Kodim 1409 Gowa, juga ikut aktif melakukan kegiatan vaksinasi di beberapa titik yang ada di Kabupaten Gowa.

Sementara untuk kegiatan lainnya, Kodim 1409 yang melakukan pembangunan di desa-desa melalui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang dilaksanakan di daerah-daerah terpencil berjalan juga melalui kolaborasi dengan Pemkab Gowa.
”Banyak hal yang dilakukan dengan TNI termasuk penandatanganan kerjasama untuk peremajaan pohon pelindung di beberapa titik di Kabupaten Gowa. Ini semua tidak lepas dari dukungan TNI kepada pemerintah daerah,” kata Wabup Gowa.
Pada kunjungan ini, Pangdam XIV menerima kunci aula VIP Kodim 1409 Gowa yang diserahkan Wabup Gowa ditandai penandatanganan prasasti peresmian aula VIP dan pagar Kodim 1409 Gowa.
Rangkaian kegiatan ini dihadiri Danrem 141 Toddopuli, Brigjen TNI Djashar Djamil, unsur Forkopimda Kabupaten Gowa, para Babinsa, Bhabinkamtibmas serta kepala desa di wilayah Kabupaten Gowa. (sar)

  • Bagikan