Program Home Care Home Visit Pemkab Sinjai Tetap Berjalan di Bulan Ramadan

  • Bagikan

SINJAI,BKM.COM– Meski Di bulan Ramadan, program home care dan home visit yakni memberikan pelayanan kesehatan dari rumah warga yang dijalankan Pemkab Sinjai terus berjalan.

Seperti yang dilakukan oleh penanggung jawab dusun di Puskesmas Pulau Sembilan. Mereka aktif mendatangi rumah warga yang membutuhkan pelayanan.

Kepala Puskesmas Pulau Sembilan, Agus Salim mengatakan, kegiatan home care yang dilakukan oleh jajarannya berawal dari telepon warga yang sedang sakit. Lalu, petugas mendatangi warga tersebut untuk dilakukan wawancara, pemeriksaan, dan dikonsultasikan ke dokter.

“Kalau dianggap membutuhkan perawatan lanjut maka kita anjurkan mendapat pelayanan di Puskesmas,” bebernya, Sabtu (9/4/2022).

Berbeda halnya dengan kegiatan home visit. Meski kegiatan kunjungan ke rumah warga, namun yang bisa dikunjungi seperti lanjut usia, bayi dan ibunya yang baru bersalin di Puskesmas.

“Atau kegiatan pembinaan sehat yang dilakukan oleh beberapa program yang ada di puskesmas,” tambahnya.

Diketahui, program home care dan home visit ini mulai dilaksanakan oleh Bupati Sinjai sejak pertama memimpin kabupaten berjuluk Bumi Panrita Kitta’ ini. Program ini digagas untuk memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat.

Sehingga tidak ada lagi warga Kabupaten Sinjai yang tidak mendapatkan pelayanan karena tidak bisa mendatangi fasilitas kesehatan. Pemkab Sinjai melalui Dinas Kesehatan telah membentuk penanggung jawab di setiap dusun agar program ini berjalan dengan baik.

  • Bagikan