Kodim Gowa Rekrut 100 Personel Komcad

  • Bagikan

GOWA, BKM.FAJAR.CO.ID - Tahun 2022 ini, TNI melakukan perekrutan komponen cadangan atau Komcad. Perekrutan Komcad ini merupakan program Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan dibuka di seluruh komando distrik militer di seluruh wilayah Indonesia.
Khusus untuk Kodam XIV Hasanuddin dijatah 500 kuota Komcad. Salah satu wilayah teritorial yang diberi kuota 100 personel Komcad adalah Kodim 1409 Gowa. Kodim 1409 Gowa diporsi 100 orang Komcad dan pendaftarannya dibuka hingga Mei 2022 ini.
Terkait perekrutan Komcad ini, Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo dikonfirmasi baru-baru ini mengatakan, khusus perekrutan Komcad di Gowa, dibuka di seluruh Koramil di Kabupaten Gowa.

”Untuk Gowa kita diberi kuota oleh Kodam sebanyak 100 orang Komcad. Hanya saja perlu saya tegaskan agar dipahami masyarakat bahwa Komcad ini adalah personel sukarela, jadi bukan wajib militer. Ini adalah program pemerintah melalui Kementerian Pertahanan. Dalam sistem pertahanan semesta kita. Komcad merupakan salah satu sistem pertahanan yang berasal dari seluruh komponen masyarakat Indonesia, yang secara sukarela ingin bergabung. Semua bisa selama memenuhi persyaratan dan nantinya akan menandatangani surat kesanggupan untuk ikuti pelatihan dasar militer sebelum mengikuti pendidikan dan latihan yang sesungguhnya,” jelas Letkol Inf Prasetyo.

Diakuinya, perekrutan Komcad ini sebenarnya telah dilakukan sejak 2021 lalu hingga sekarang. Manfaat Komcad ini, kata Dandim Gowa, fungsinya hanya akan dikerahkan ketika kondisi negara darurat, dimana komponen utama sudah kewalahan dan membutuhkan bantuan.
”TNI siap menghadapi segala bentuk ancaman. Komcad hanya akan digerakkan jika kita kekurangan. Itupun digerakkan atas persetujuan Presiden. Seluruh masyarakat yang telah memenuhi persyaratan dan dari kalangan manapun bisa masuk Komcad, baik dari petani, buruh, ASN, organisasi masyarakat, parpol dan sebagainya. Tentu selama mereka memenuhi persyaratan,” papar Dandim Gowa.

Khusus perekrutan di Gowa, tambah Letkol Inf Prasetyo, ada 50 orang yang direkomendid Pemkab Gowa. Rerata yang diutus itu adalah personel Satpol PP dan ASN Pemkab Gowa lainnya.
”Jadi yang lolos masuk Komcad ini nantinya akan mengikuti pendidikan selama tiga bulan. Setelah itu akan kembali ke instansi masing-masing. Saat ini kami sudah menerima pendaftar secara onpine sebanyak 54 dan sisanya kami menunggu yang 50 orang lagi utusan Pemkab Gowa. Kami akan segera melakukan pemeriksaan kelengkalan persyaratan para calon tersebut. Sebenarnya pendaftar Komcad diluar Pemkab Gowa itu sudah berkisar 100-an lebih, karena kuota kita cuma 100 maka para pendaftar itu masih akan kita seleksi sesuai persyaratan yang ada,” jelas Dandim. (sar)

  • Bagikan