Qlue Raih Penghargaan Internasional

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID - Qlue, perusahaan penyedia ekosistem smart city terlengkap di Indonesia, berhasil meraih penghargaan internasional di sektor teknologi kota pintar (smart city). Penghargaan kali ini didapat pada ajang GO SMART Awards 2022 berkat implementasi konsep ‘Intelligent Mobility System For Township Management’ yang diterapkan pada kawasan Alam Sutera, Tangerang, Banten.

Qlue menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang meraih penghargaan smart city internasional tersebut. Founder dan CEO Qlue, Rama Raditya, mengatakan, keberhasilan Qlue meraih penghargaan di tingkat internasional menjadi bukti bahwa solusi-solusi yang dikembangkan Qlue memiliki nilai dan manfaat yang positif sesuai dengan standar internasional.
Teknologi yang digunakan dalam konsep “Intelligent Mobility System for Township Management” ini juga bisa menjadi standar baru bagi model pengelolaan lalu lintas yang modern dan berdampak nyata pada masyarakat.

”Kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh GO SMART Award 2022 pada implementasi solusi yang kami lakukan. Penghargaan ini menjadi suplemen penyemangat tambahan bagi seluruh karyawan Qlue untuk dapat terus berinovasi demi menghadirkan solusi yang inklusif bagi masyarakat. Inovasi dan kreativitas ini tentu saja menjadi kunci bagi Qlue untuk mewujudkan visi mempercepat perubahan positif di Indonesia, dan juga di seluruh dunia,” kata Rama.
Ajang GO SMART Award 2022 ini diselenggarakan di Taipei, Taiwan, bertepatan dengan pelaksanaan Smart City Summit & Expo 2022 pada Maret 2022 ini yang merupakan kegiatan rutin tahunan. Acara ini digagas oleh Global Organization of Smart Cities (GO SMART), sebuah organisasi global beranggotakan 94 pemerintah kota dan 110 pelaku industri smart city di seluruh dunia yang pembentukannya diinisiasi oleh Pemerintah Kota Taipei.
Solusi Qlue untuk penerapan model manajemen lalu lintas kawasan hunian yang diterapkan di Alam Sutera, Tangerang, mendapat perhatian dari para juri di antara 14 finalis lain yang berasal dari berbagai negara. Hal itu itu tidak lepas dari keberhasilan Qlue dalam mengurangi tingkat kemacetan di Alam Sutera hingga 35% berkat solusi Dynamic Traffic Controller dan Illegal Parking Detection.
Pemanfaatan solusi Dynamic Traffic Controller pada lampu lampu merah berhasil mengurangi rata-rata waktu tunggu pengendara hingga 47 persen dibanding sebelum implementasi teknologi tersebut. Sedangkan teknologi Illegal Parking Detection yang dilengkapi fitur peringatan melalui pengeras suara sukses mengurangi tingkat parkir liar pada angka 42%. Nilai tambah krusial dari implementasi solusi Intelligent Mobility System ini adalah dampak terhadap pengurangan tingkat emisi gas buang yang secara langsung ikut menciptakan tempat tinggal yang lebih sehat untuk warganya. (MIR)

  • Bagikan