Dekranasda Diminta Siapkan Produk UMKM Lokal

  • Bagikan

GOWA, BKM.FAJAR.CO.ID - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, meminta Dekranasda bisa menyiapkan produk UMKM lokal yang bisa dibeli pemerintah daerah dalam e-Katalog pengadaan barang dan jasa.

Menurut Adnan, harapan itu harus betul-betul bisa diwujudkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gowa dalam pengembangan produk lokal UMKM ke depan.
Hal ini dipaparkan bupati Gowa saat menghadiri pelantikan pengurus Dekranasda Gowa, Jumat (1/4) di gedung kediaman H Sahar, Jalan Basoi Dg Bunga, Sungguminasa. Dihadapan para pengurus Dekranasda yang baru dilantik itu, Adnan berharap para pengurus Dekranasda harus menjadi pioneer bangga terhadap produk lokal yang ada di Gowa.
”Mudah-mudahan seluruh pengurus Dekranasda merupakan pioneer untuk bangga terhadap produk lokal buatan Kabupaten Gowa,” tandas Adnan seraya mengatakan hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo kepada seluruh kepada daerah, kementerian dan lembaga untuk Bangga Buatan Indonesia (BBI).
”Kebijakan presiden ini tentu menjadi peluang bagi Dekranasda untuk mempersiapkan produk-produk UMKM lokal kita untuk bisa dibeli pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Gowa,” papar Adnan.

Dikatakan Adnan, saat ini pemerintah telah mewajibkan mengakomodir 40 persen dalam e-Katalog pengadaan barang dan jasa harus ada produk lokal. Makanya, Adnan pun berharap UMKM yang sudah layak bisa segera didaftar ke ULP untuk dimasukkan dalam e-Katalog tersebut.
”Sehingga seluruh dinas yang ada di Gowa bisa segera melakukan pembelian produk lokal Kabupaten Gowa sendiri,” kata bupati Gowa.
Ketua Dekranasda Gowa, Priska Paramita Adnan pun berharap seluruh anggota Dekranasda Gowa lebih mencintai produk lokal dan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya. ”Sudah selayaknya bahkan wajib kita sebagai pengurus Dekranasda turut mempromosikan produk kerajinan lokal. Apalagi di Gowa banyak kerajinan yang membutuhkan dukungan dari Dekranasda seperti dalam hal packaging dan pemasaran. Sehingga dapat memajukan produk-produk lokal Kabupaten Gowa. Kita masih banyak tugas untuk mempromosikan bangga memakai produk lokal daerah dan juga lebih cinta produk Indonesia. Itu juga salah satu tujuan kita di Dekranasda,” kata Priska dihadapan jajaran Pemkab Gowa serta Forkopimda Gowa yang turut hadir. (sar)

  • Bagikan