KAJIAN RAMADHAN Keajaiban Sedekah

  • Bagikan

SEDEKAH adalah pemberian seseorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat dan da infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta tapi sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik.

Ustadz Irwan dalam ceramahnya mengatakan sedekah lebih luas dari sekedar zakat dan dan infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta tapi sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik.
Dalam Al Quran surat An Nisa ayat 114 La Khaira fi Kasirim Min Najwahum Illa man Aamara Bishadaqatin Au Ma’rufin Au Islahim Bianan Nas Wa May Yaf’al Dzalikabtigha Mardatillah Fa Saufa Nu’tihi Ajran Azima.
Tidak akan kebaikan sama sekali dari omongan manusia itu kecuali orang mengajak perbaikan sosial bersedekah, omongan yang mengajak kita pada perbuatan baik (maruf) dan jaga omongan yang mengajak kita untuk mendamaikan antar manusia.

”Kalo ingin berjihad, inilah jihad itu, jihad untuk kebaikan. Memerintahkan orang untuk bersedekah, memerintahkan orang untuk menyebar kebaikan dan memerintahkan orang untuk saling mencintai dan damai,”jelasnya.
Bersedekah, berbuat baik dan perdamaian) Intinya La Khaira Fi Kasirim Min Najwahum.
Dalam sebuah hadits Nabiullah Muhammad SAW bersabda Allahumma Aa’timun Fikan Khalafa (Iya allah gantikan yang lebih baik bagi yang berinfak dan sedekah disubuh hari).
Ada keutamaan bagi yang senantiasa bersedekah yakni hidup berkah dan tenang. Surat An Nisa ayat 114 mengingatkan tidak ada kebaikan kecuali yang menyuruh dan bersedekah.
Sedekah bisa membuang energy negatif (menolak bala). Dalam surat Al Imran ayat 92 dijelaskan kamu tidak akan mencapai kebajikan dan kebaikan yang sempurna sebelum kamu bersedekah.
Mendatangkan energi positif (dimudahkan mencari rezeki yang halal) Dalam surat At Thalaq ayat 2, 3 dan ayat 7 dijelaskan allah akan membukakan pintu rezeki dari segala penjuru bagi yang senantiasa berbagi sedekah dengan tanpa disangka-sangka.
Keutamaan lainnya adalah pahala berlipat ganda (Al Baqarah ayat 261-262 amalannya berupa sebutir benih, tujuh bulir dan tiap bulir 100 biji. Allah swt lipatgandakan amalan pahalanya. Dan yang paling dahsyat dari sedekah adalah
harta yang disedekahkan sudah pasti kekal disisi allah.
”Dengan bersedekah artinya dia telah melatih diri dalam keikhlasan,” tandasnya.
(ila)

  • Bagikan