Metro

Tahapan Seleksi CPNS Kembali Digelar Agustus


Belum Ada Skenario Pelaksanaan SKB

MAKASSAR, BKM — Hingga saat ini, tahapan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tertunda akibat adanya pandemi covid-19. Seharusnya, seluruh tahapan sudah dirampungkan dan pemerintah sudah mengumumkan CASN yang lulus.

Namun, hingga saat ini, tahap akhir yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) belum juga dilaksanakan.
Kepala Kantor Regional (Kanreg) IV BKN Makassar, Harun Arsyad, mengatakan, SKB belum jelas jadwal pelaksanaannya.
Harun mengaku, panitia seleksi nasional (panselnas) belum menentukan waktu dan skenario pelaksanaan SKB ini di masing-masing daerah nantinya.
“Hingga saat ini belum ada pembicaraan lebih lanjut lagi kapan pelaksanaannya,” tambah dia.
Meski begitu, pelaksanaan SKB akan disesuaikan jika kondisi pandemi Covid-19 dianggap sudah terkendali di semua daerah.
“SKB memang belum ada jadwal ini. Hanya kita ancang-ancang kalau sudah reda di Juni-Juli, kemungkinan (pelaksanaan SKB) Agustus. Tapi itu juga baru kemungkinan. Yang jelas SKB tetap diadakan,” tambah Harun.
Kendati begitu, dia berharap tiap daerah tetap menyiapkan hal yang diperlukan dalam pelaksanaan SKB.
Kanreg IV BKN Makassar pun siap mengkoordinir tiap daerah di wilayah kerjanya jika panselnas sudah menentukan jadwal.
“Kalau Sulsel pasti menunggu pusat, panselnas. Kalau misalnya panselnas sudah punya rencana waktu, mungkin nanti instruksinya ke kantor regional, dan kami siap koordinir semua daerah-daerah wilayah kerja kami,” tegas Harun.
Hal senada dikatakan Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Makassar, Kadir Masri. Seharusnya, kata Kadir, sesuai jadwal, SKB dilaksanakan 25 Maret hingga 10 April lalu.
Namun karena kondisi saat ini tidak memungkinkan akibat merebanyak virus korona yang menyebabkan covid-19, pelaksanaan SKB ditunda untuk batas waktu yang belum ditentukan.
Penundaan tersebut diperkuat dengan keputusan yang disampaikan pada Panselnas melalui Surat Menteri PAN-RB Nomor B/318/M.SM.01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal Penundaan Jadwal SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019. Surat ini merupakan bentuk dukungan Menpan-RB atas merebaknya virus Corona atau covid-19 di Indonesia.(rhm)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.