Bisnis

Penumpang Pesawat Bakal Naik


JAKARTA, BKM — PT Angkasa Pura II sebagai pengelola 19 bandara di Indonesia menyambut baik perubahan peraturan pemerintah terkait perpanjangan masa berlaku hasil tes Covid-19.
Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan, dengan adanya aturan baru masa berlaku tersebut, pengguna jasa transportasi umum khususnya pesawat terbang bisa lebih leluasa.
”Ketentuan baru saat ini mengatur bahwa rapid test dan PCR test berlaku 14 hari pada saat keberangkatan dengan pesawat. Masyarakat memiliki waktu lebih untuk melakukan pengecekan dengan rapid test dan PCR test,” ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/6).
Dikatakan, dengan aturan baru tersebut Angkasa Pura II optimistis lalulintas penerbangan bisa lebih meningkat. Dengan adanya aturan baru yang tertuang dalam Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 9 Tahun 2020 tersebut, diperkirakan peningkatan jumlah penumpang terjadi pada Juli 2020.
”Kami prediksi jumlah penumpang di 19 Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II pada Juli 2020 dapat meningkat berkisar 20 persen sampai 25 persen dibandingkan Juni 2020,” katanya.
Adapun pada Juni 2020, lalulintas pesawat di 19 Bandara perseroan sebanyak 500 sampai 550 pergerakan per hari dengan jumlah penumpang mencapai 25.000 sampai dengan 30.000 penumpang per hari.
Sebagai informasi, dalam surat bernomor 9 Tahun 2020 tertulis masa berlaku hasil uji rapid test diperpanjang sampai 14 hari. Tidak hanya rapid test, hasil tes PCR juga berlaku 14 hari.
”Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif atau surat keterangan uji rapid test dengan hasil nonreaktif yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan,” tulis surat edaran yang ditandatangani Ketua Gugus Tugas Doni Monardo 26 Juni lalu.
Dalam Surat Edaran Nomor 7 tahun 2020 dijelaskan masa berlaku surat keterangan uji tes PCR dan rapid test berbeda-beda.Untuk surat keterangan uji tes PCR atau tes swab diberikan masa berlaku selama 7 hari, sedangkan untuk rapid test hanya berlaku selama 3 hari. (int)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.