Headline

Jaga Kekompakan Hadapi Kesulitan


MAKASSAR, BKM — Harian Berita Kota Makassar kini berusia 23 tahun. Syukuran yang berlangsung sederhana digelar di kantor koran metro ini di lantai tiga gedung Graha Pena, Senin (29/6).
Angka 23 tahun dinilai sudah sangat matang dalam bisnis media. Sebuah kesyukuran BKM sebagai koran metro mampu bertahan di usianya saat ini.
Pembina PT Media Fajar Holding H Syamsu Nur, mengatakan keberadaan media saat ini sudah sangat dinamis. Tidak lagi harus berurusan dengan banyak izin. Termasuk menempatkan pemimpin redaksi.
Menurut Pak Ancu –sapaan karib H Syamsu Nur–, dulu untuk mendirikan sebuah media harus memenuhi sejumlah persyarakat. Seperti memiliki surat izin usaha penerbitan pers (SIUPP). Belum lagi, setiap penempatan jabatan pimpinan redaksi harus mendapat izin dari Menteri Penerangan. ”Tapi sekarang ini sudah bebas, kapan saja pimpinan redaksi bisa diganti,” ujar pemimpin redaksi pertama BKM ini.
Di HUT Berita Kota Makassar ini, kata Syamsu Nur, yang terpenting adalah bagaimana semua jajaran mengoreksi diri, serta mengevaluasi apa kekuatan dan apa kelemahan. ”Kekuatan itu perlu dipelihara dan ditingkatkan. Sementara kekurangan perlu dianalisa dan diperbaiki ke depan. Bagaimana pun, setiap tahun pasti ada kelemahan baru yang muncul,” ujar Syamsu Nur.
Ia kemudian mengutip ayat dalam Al-Qur’an yang artinya, setelah kesulitan akan ada kemudahan. Namun kemudahan itu tidak langsung datang begitu saja. Kemudahan itu harus diusahakan dan dicari.
“Itu tentu menjadi perhatian. Bahwa Tuhan tidak akan mengubah nasib kita kalau bukan kita sendiri yang mengubahnya. Karena itu, hendaknya semua kompak mengatasi kesulitan. Karena kesulitan itu tidak ada habisnya. Itulah sebuah dinamika di sebuah penerbitan pers,” tambahnya.
Terkait dengan inovasi BKM, yakni satu informasi empat media, Syamsu Nur, mengaku sangat mendukung dilakukannya konvergesi media antara cetak dan elektronik. Bahkan ia menegaskan hal itu harus dilakukan.
“Media cetak saat ini hanya bisa terbit di waktu tertentu, sementara masyarakat setiap saat butuh berita. Begitu ada kejadian dia perlu tahu saat itu juga. Penyatuan cetak dan elektronik sangat tepat. Mari terus menerus gali dan memanfaatkan teknologi yang setiap saat pasti berubah. Kewajiban kita pelajari teknologi ini,” terangnya.
Syamsu Nur juga mengingatkan, di dunia jurnalistik, gaya penulisan yang selama ini dilakukan di media cetak dan di elektronik mengalami pergeseran. Khususnya gaya penulisan di media elektronik yang dibatasi.
“Diharapkan apa yang dicapai saat ini bisa dipertahankan. Bagaimana kita saling mengisi di antara karyawan. Kalau ada karyawan yang lebih dan ada karyawan yang kurang, mari saling diisi sehingga menjadi kekuatan. Motto berpikir keras, bekerja ikhlas dan berkarya tanpa batas harus dijalankan, agar BKM yang di usianya ke 23 bisa terus maju dan berkembang,” harap Syamsu Nur.
Sementara Direktur PT Fajar Holding Dr Ridwan Arif yang turut hadir dalam acara syukuran HUT BKM, mengatakan rasa syukuranya karena koran ini mampu eksis hingga saat ini.
“Selamat kepada BKM yang merayakan HUT ke-23. Bagi sebuah koran metro, usia ini adalah capaian yang luar biasa karena masih bisa eksis dan berperan banyak di Sulsel dan Makassar di tengah banyaknya media mainstream. Mari terus beradaptasi dengan kondisi bahkan di masa pandemi covid-19 ini. Sebuah koran harus terus membaca apa yang terjadi di masyarakat. Dinamika terlalu tinggi harus disikapi dengan sebuah koran seperti BKM. BKM harus terus memberi kontribusi ke pemerintah dan bisa memberikan manfaat ke semua pihak. Kita harus eksis dan tumbuh dan bisa mendapatkan manfaat yang kita usahakan,” harap Ridwan Arief.
Sebelumnya pada sambutan awal, Direktur Harian Berita Kota Makassar Dr Mustawa Nur, mengatakan bahwa BKM terus melakukan inovasi-inovasi agar bisa terus maju dan berkembang. BKM hingga saat ini selalu memacu kebersamaan di antara karyawan, baik di perusahaan maupun redaksi untuk saling berkolaborasi.
“Alhamdulillah, di usianya yang ke-23 tahun dan di masa pandemi covid-19 ini, karyawan tetap bekerja dengan baik. Tak satupun kita rumahkan atau PHK. Sebab mereka adalah satu tim yang kuat dalam membangun BKM lebih baik lagi,” ujar Mustawa. (war)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.