Gojentakmapan

TPA Maros Over Kapasitas


MAROS, BKM — Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bonto Ramba, Desa Bontomatene, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, sudah over kapasitas.

Hal ini diakui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KabupatenAros, Frans Johan.
Dikatakan, jika saat ini tersisa kurang dari 20 persen areal TPA yang bisa dimanfaatkan. Sehingga memang membutuhkan perluasan areal TPA Bonto Ramba. Menurutnya, DLH telah membuat pertimbangan teknis ke bupati. Sisa menunggu respons Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD).

”Pak bupati sudah mendisposisi untuk segera diproses di badan keuangan. Kami sisa menunggu respons kapan dimulai rapat untuk menetapkan proses pengadaan tanah,” ungkapnya.

Menurutnya ada beberapa pertimbangan sehingga perlu dilakukan perluasan areal TPA. ”Di antaranya jumlah pemukiman penduduk makin bertambah. Tentunya jumlah sampah pun akan meningkat,” sebutnya.

Menurut Frans, selama kurun waktu sepuluh tahun ini, belum ada perluasan lahan TPA. Makanya, pihaknya akan mengusulkan perluasan lahan TPA 2 hektare. Sehingga, luas lahan yang bisa digunakan sekitar 6 hektare.
”Saat ini luas lahan TPA sekitar 4 hektare, dan kami mengusul 2 hektare lagi. Mudah-mudahan bisa teralisasi. Karena sekarang kapasitas yang tersisa sekitar 20 persen lagi. Memang butuh penambahan areal secepatnya,” katanya.

Terpisah, Kasi Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Maros, Muhammad Yusri, berharap agar penambahan lahan ini bisa segera dilakukan. Mengingat jika melihat kondisi saat ini sampah di TPA akan terus bertambah. Sehingga diperkirakan September mendatang sudah penuh.

”Kita prediksi bulan sembilan itu sudah penuh. Sehingga kita berharap sebelum bulan September sudah bisa ditambah lahannya,” katanya.

Diakui, dalam sehari jumlah sampah yang masuk atau diangkut ke TPA Bontoramba sekitar 40 hingga 45 ton.
Dalam sebulan itu diperkirakan 1.200 ton sampah yang masuk ke sini. Itu kalau hitungan 40 ton sehari,” pungkasnya. (ari/mir/b)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.