Kriminal

27 Tahanan Dievakuasi Dari Sel


Tujuh Rumah Samping Polsek Makassar Terbakar

BKM/JULDAM KEBAKARAN -- Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono saat meninjau kebakaran di samping Polsek Makassar, Jalan Maccini Baru-Jalan Kerung-kerung, Kelurahan Gusung, Kecamatan Makassar.

MAKASSAR, BKM — Tujuh unit rumah di samping Polsekta Makassar, Jalan Kerung-kerung-Jalan Maccini Baru, Kelurahan Maccini Gusung, Kecamatan Makassar,  ludes dilalap si jago merah, pada Minggu (28/6) sekitar pukul 11.00 Wita.
Sebanyak 12 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal dan 27 orang tahanan dari berbagai kasus dievakuasi dari sel atau dikeluarkan karena takut api merambak ke sel tahanan Polsek Makassar.
Beruntung petugas pemadam kebakaran cepat tiba di lokasi melakukan pemadaman api dibantu warga. Sehingga api tidak merambah ke rumah lain. Termasuk ke kantor Polsek Makassar. Di samping itu, lokasi kebakaran berada depan jalan. Sehingga mobil pemadam kebakaran mudah menarik selang untuk menjinakkan kobaran api.
Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono yang turun langsung ke lokasi kebakaran, memerintahkan Kapolsek Makassar bersama anggota jaga segera mengevakuasi keluar dan mengamankan tahanan dari sel.
Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono meminta kepada Kapolsek agar mengkoordinasikan dengan Polsek terdekat menitip 27 orang tahanan. Usai memerintahkan anggota Poksek Makassar agar menitip tahanan di Polsek terdekat kembali memerintahkan anggota Polsek Makassar agar memasang garis polisi atau police line warna kuning di lokasi kebakaran supaya warga yang tidak berkepentingan tidak merapat ke lokasi kebakaran.
Menurut Kapolrestabes Makassar, penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam penyilidikan apakah arus pendek listrik ataukah kompor. ”Kita tunggu tim Labfor Polda Sulsel melakukan penyelidikan di lokasi kebakaran,” kata Kapolrestabes Makassar.
Sementara itu, pihak Polrestabes Makassar dan Polsek Makassar melakukan koordinasi dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan untuk membangun tenda dan penyediaan dapur umum di halaman kantor Polsek Makassar. Selain itu, sumber awal api juga masih dalam penyelidikan anggota Polsek Makassar dan Polrestabes Makassar.

Personel Damkar Dianiaya
Seorang petugas pemadam kebakaran secepatnya dilarikan ke Rumah Sakit Pelamonia, setelah menjadi korban penganiayaan warga saat melaksanakan tugas memadamkan di jago merah yang terjadi di Jalan Kerung-kerung-Jalan Maccini Baru, Kelurahan Maccini Gusung, Kecamatan Makassar, Minggu (28/6).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, aksi penganiyaan dilakukan warga di lokasi kebakaran. Korbannya tiga orang petugas pemadam kebakaran. Mereka adalah Rahman, Syahruddin, dan Andi Bahrul. Korban yang terluka hingga mendapat perawatan medis diketahui bernama Syahruddin.

Hal itu dikemukakan Hasanuddin yang merupakan Kepala Bidang Pengendalian Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar. ”Personel Damkar setelah menerima informasi kebakaran di wilayah Kecamatan Makassar, dengan sigap turun ke lokasi. Namun saat itu entah apa dibenak warga hingga tersulut emosi. Mereka menganiaya personel Damkar,” tandas Hasanuddin.

Hasanuddin menyebutkan, kebakaran terjadi di Jalan Kerung-kerung-Jalan Maccini Baru. Sedikitnya tujuh unit rumah warga dilalap api dari 16 Kepala rumah tangga. Api berhasil dipadamkan setelah tim pemadam kebakar tiba di lokasi.

”Ada tujuh unit rumah yang kebakar api. Dari 16 kepala rumah tangga. Penyebabnya masih didalami petugas kepolisian. Begitu pun kasus penganiayaan yang dilakukan warga kepada petugas Damkar dalam penanganan Polsek Makassar,” tandasnya. (jul-ish/mir/b)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.