Gojentakmapan

Relawan Simulasi Pemulasaran Jenazah Covid-19


GOWA, BKM — Setelah Kampung Rewako Desa Julubori, Kecamatan Pallangga diresmikan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Selasa 16 Juni 2020 lalu, maka sejak itu fungsi Kampung Rewako ini pun dijalankan.
Sebagai tempat edukasi, seperti tujuan utama keberadaan Kampung Rewako yang disampaikan Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola, maka pada Selasa (23/6), aktivitas perdana yang dilakukan para relawan Kampung Rewako Julubori adalah melakukan edukasi tata cara pemulasaran jenazah Covid-19.
”Tujuan dibangunnya Kampung Rewako ini adalah untuk menanggulangi dan membantu warga yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19 yang saat ini sedang melanda Indonesia dan dunia. Terdampak Corona ini tentu berbagai macam indikator. Bisa sebagai korban terjangkit bisa juga tidak. Nah, untuk yang tidak tentu akan ada faedahnya jika kita mengetahui cara-cara penanggulangan dan menjalaninya. Salah satunya adalah bagaimana masyarakat tahu tata cara penanganan jenazah atau disebut pemulasaran jenazah,” jelas Kapolres.
Kapolsek Pallangga, Iptu Nasruddin, mengatakan, untuk melengkapi kegiatan Kampung Rewako maka harus bisa melakukan pemulasaran apabila ada jenazah yang terpapar Covid-19 di Pallangga.
”Paling tidak warga punya pengetahuan menangani jenazah covid-19 yang memungkinkan bisa terjadi. Sehingga perlu kiranya dilakukan simulasi. Sehingga petugas dan relawan mengerti dan dapat melaksanakannya,” tambah Kapolsek.
Dikatakan Kapolsek Pallangga, Iptu Nasruddin, kegiatan simulasj pemulasaran jenazah ini dipandu tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gowa diwakili dr Gaffar bersama Paurkes Polres Gowa Ahmad Susanto.
Simulasi ini dilakukan para relawan Kampung Rewako yang terdiri dari gabungan stakeholder di Pallangga.Dalam kegiatan simulasi ini Kapolsek Iptu Nasaruddin dan Danramil Pallangga Kapt Inf Basri turut larut dalam simulasi. Kedua pejabat Tripika Pallangga ini menggunakan alat pelindung diri (APD) dan mengambil bagian untuk pemulasaran jenazah Covid-19 tersebut.
Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola mengapresiasi simulasi pemulasaran jenazah yang dilakukan para relawan Kampung Rewako Julubori. ”Ini sangat bermanfaat sekali. Semua dilakukan untuk mendukung pemerintah dan program kerja Kapolri guna menjaga Harkamtibmas tetap aman. Sehingga Polri tambah dicintai masyarakat,” kata AKBP Boy FS Samola. (sar/mir)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.