Bisnis

Empat Bank BUMN Dapat Penempatan Dana


JAKARTA, BKM — Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) masing-masing Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN resmi mendapatkan kepercayaan penempatan dana dari pemerintah sebesar Rp30 triliun.
Penempatan dana ini sejalan dengan terbitnya aturan baru dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani berkaitan bantuan likuiditas perbankan. Aturan yang dimaksud yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 70/2020 tentang Penempatan Uang Negara pada Bank Umum Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
Terkait penempatan dana ini guna memulihkan kondisi ekonomi dari pandemi Covid-19 ini, Menteri BUMN, Erick Thohir menyambut baik kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada Himbara untuk memberikan perhatian kepada sektor-sektor yang terdampak Covid-19.
”Ini kepercayaan yang diberikan kepada pemerintah kepada kami yang khususnya saat ini di Kementerian BUMN. Karena kita tahu, BUMN sepertiga dari pergerakan ekonomi nasional. Dan tentunya kami tidak berpikir untuk diri sendiri dan nanti akan dijelaskan pada direksi Himbara bahwa dipastikan apa yang kita sudah lakukan selama ini selalu memastikan UKM yang ada di pedesaan dan perkotaan menjadi hal yang harus diperhatikan agar bergulir kembali atau direlaksasi,” kata Erick Thohir dalam keterangan persnya, Rabu (24/6).
Tak hanya UKM, bank-bank pelat merah ini juga diminta memberikan perhatian kepada korporasi dengan catatan perusahaan tersebut memiliki track record yang baik di perbankan dan menjalankan bisnis yang padat karya.
”Dan Insya Allah kami Kementerian BUMN bersama Himbara ingin pastikan kepastian daripada pemulihan ekonomi berjalan dengan baik,” tuturnya.
Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, saat konferensi pers, Rabu (24/6), mengatakan, kementerian keuangan akan menempatkan uang negara pada bank umum. Dan untuk tahap ini bank milik pemerintah.
Sri Mulyani mengaku telah mengirim surat kepada gubernur Bank Indonesia (BI) untuk menggunakan dana pemerintah yang ada di bank sentral dan dipindahkan kepada bank nasional tersebut. (int)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.