Headline

Kepala Puskesmas Meninggal karena Covid


GOWA, BKM — Jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gowa berduka. Salah seorang tim medis penanganan covid-19 Kecamatan Biringbulu berpulang setelah dinyatakan positif terinfeksi virus corona.
Hal itu diperkuat dengan hasil tes swab pria berusia 52 tahun tersebut. Sebelum mengembuskan napasnya yang terakhir, Kamis (4/6) pukul 09.15 Wita, almarhum yang juga kepala Puskesmas Tonrorita sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji, Makassar.
Laiknya jenazah covid-19, rangkaian prosesi pemakaman dilaksanakan sesuai protokol WHO. Begitu pula penguburannya, dilakukan di tempat khusus korban covid di Jalan Teratai, Macanda, Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu, Gowa.
Sebelum Tim Gugus Tugas Percepana Penanganan Covid-19 Sulsel membawa jenazah ke Macanda, puluhan kepala puskesmas se-Kabupaten Gowa dan sejumlah tenaga kesehatan memberikan penghormatan terakhir untuk almarhum, sesaat ambulans yang mengangkutnya bergerak menuju lokasi pemakaman.Para tenaga medis ini berjejer menggunakan masker di pinggir jalan pelataran RSU Labuang Baji, Makassar sekitar pukul 11.00 Wita.
Kepala Bidang Pengendalian, Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Gowa dr Gaffar yang dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut. Ia mengungkapkan, almarhum dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani perawatan intensif, setelah mengalami gejala klinis covid-19.  Sebelumnya, sempat terdeteksi gejala penyakit diabetes dan hipertensi.
Terpisah, Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinkes Gowa dr Alamsyah, menegaskan bahwa almarhum dinyatakan positif setelah melalui pemeriksaan swab PCR.  Diduga terjangkit bukan di area tempat tugasnya di Puskesmas Tonrorita. Hal itu diperkuat dari
hasil rapid test terhadap staf puskesmas Tonrorita, yang kesemuanya dinyatakan nonreaktif.
“Sepertinya almarhum bukan dapat di tempat tugasnya, sebab hasil pemeriksaan para staf puskesmas semuanya negatif,” ujar dr Alamsyah. 
Mobilitas almarhum diketahui cukup tinggi. Ia banyak mengikuti kegiatan non puskesmas.
Rusli Husain, salah satu kerabat dan sahabat, mengatakan almarhum adalah seorang perawat senior dan kepala puskesmas yang sangat baik dan familiar. “Beliau mudah bergaul. Dia humoris dan selalu membuat suasana menjadi nyaman dan santai. Beliau juga loyal pada pimpinan dan menjadi panutan bagi juniornya. Aktif di berbagai kegiatan sosial di lingkup Dinas Kesehatan dan menjadi andalan di komunitas relawan. Saya secara pribadi sangat kehilangan sosok yang menjadi panutan kami di Dinas Kesehatan  Gowa,” kata Rusli Husain dari Puskesmas Pattallassang.
Sekretaris Dinas Kesehatan Gowa Armin, menyebut almarhum sebagai staf Dinkes yang sangat disiplin. Ia menjabat sebagai kepala Puskesmas Tonrorita sejak tahun 2018.
Kadis Kesehatan Gowa dr Hasanuddin, mengatakan almarhum merupakan tim medis senior. Almarhum telah menjadi kepala Puskesmas Lauwa sejak masa kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo sebagai bupati Gowa di era tahun 2000-an. Kemudian pindah menjadi kapus Batumalonro, dan terakhir sebagai Kapus Tonrorita. Kesemuanya berada di wilayah Kecamatan Biringbulu.
Kemungkinan besar, lanjut dr Hasanuddin, almarhum terjangkit di luar wilayah Biringbulu. “Informasi yang kami dapat dari pihak kerabat almarhum dan dinas terkait di Takalar, bahwa ada kerabat dekat almarhum yang terinfeksi dan status positif di Takalar. Almarhum memang selama ini menetap di luar Gowa, yakni di Kabupaten Takalar. Kemungkinan karena itu. Tapi mungkin juga di tempat lain, karena mobilitas almarhum cukup tinggi. Banyak kegiatan sosialnya selain sebagai orang kesehatan di Gowa,” beber dr Hasanuddin.
Menyusul kasus ini, dr Hasanuddin telah mendapat perintah dari Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan agar dilakukan tes swab kembali terhadap seluruh staf Puskesmas Tonrorita, meski pada pemeriksaan sebelumnya menunjukkan hasil negatif.
“Iya, Pak Bupati sudah memerintahkan kami agar melakukan pemeriksaan kembali tes kepada para tenaga kesehatan di Puskesmas Tonrorita. Ini dilakukan sebagai langkah antisipatif,” tandasnya. (sar)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.