Headline

Banjir Landa Bone Usai Empat Jam Diguyur Hujan


BONE, BKM — Banjir melanda sejumlah kompleks perumahan di Kabupaten Bone, Rabu (19/5). Kejadian ini dipicu tingginya intensitas hujan yang terjadi kurang lebih empat jam pada dinihari.
Dari pantauan BKM, perumahan yang tergenang banjir di antaranya Bumi Arung Palakka Resident, Perumahan Mahkota Dua, BTN Timurama 1, Kecamatan Ponre, Lingkungan Boda, Kecamatan Awangpone, wilayah Kecamatan Sibulue, serta perbatasan Bone-Wajo di Dusun Cempa.
Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, tim SAR gabungan, seperti Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone bersama Basarnas dan Satpol PP langsung melakukan patroli. Mereka memantau lokasi yang rawan terkena banjir.
Saat berpatroli, tim gabungan mendapatkan laporan dari warga bahwa di Perumahan Bumi Arung Palakka mengalami kenaikan air, yang mengakibtkan beberapa rumah tergenang. Mereka pun langsung menuju ke lokasi tersebut.
“Ketinggian air di Perumahan Bumi Arung Palakka ini mencapai lutut orang dewasa. Bahkan ada yang sampai satu meter. Di lokasi kami juga melakukan evakuasi terhadap beberapa warga, seperti anak kecil dan seorang nenek . Beberapa kendaraan milik warga juga kami evakuasi sementara ke rumah keluarga yang lokasinya lebih tinggi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bone Dray Febrianto.
Di wilayah lain, seperti Lingkungan Boda, Kelurahan Mattirowalie Kecamatan Tanete Riattang Barat, ketinggian mencapai dua meter. Hingga kemarin, belum ada laporan korban akibat kejadian ini.
“Kami tetap standby di beberapa titik sambil menunggu informasi dari warga. Karena hujan yang masih turun, dikhawatirkan akan ada hujan susulan yang lebih deras lagi. Tapi semoga saja tidak,” tambahnya.
Dia mengimbau kepada masyarakat, dengan melihat kondisi cuaca yang akhir-akhir ini tidak bersahabat, agar tetap selalu waspada dan mengutamakan keselamatan diri sendiri, keluarga serta barang-barang berharga. Termasuk surat-surat penting. (*/rus)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.