Gojentakmapan

Dua ASN Dinkes Takalar Tersangka Kasus Penipuan CASN


TAKALAR, BKM — Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang selama ini bekerja di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Takalar, resmi ditersangkakan oleh kepolisian resort (Polres) Takalar.
Kedua ASN berinisial SS dan WK saat ini telah ditahan dan menjalani serangkaian pemeriksaan atas kasus dugaan penipuan surat keputusan (SK) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).
Kedua ASN tersebut diduga kuat menerbitkan SK CASN dengan memalsukan tanda tangan Bupati Takalar, Syamsari Kitta. Akibat aksi penipuannya tersebut, ratusan warga Takalar dan sekitarnya telah menjadi korban penipuan atas kasus SK CASN palsu.
”Setelah penyelidikan dilakukan, sebanyak 367 berkas CASN dengan 45 SK ASN palsu menjadi barang bukti (BB). Korban penipuan SK CASN utamanya dari Kabupaten Takalar dan Maros,” Kata Kapolres Takalar, AKBP Budi Wahyono, akhir pekan kemarin.
Kapolres Takalar dihadapan para wartawan, menambahkan, dari ratusan korban yang ditipu oleh pelaku, keduanya telah mendapatkan keuntungan materi hingga miliaran rupiah.
”Pelaku melakukan penipuan SK CASN sejak tahun 2016. Total kerugian mencapai 2 miliar rupiah. Sisanya yang diamankan puluhan juta. sebagian dibelanjakan dengan membeli barang-barang tas mewah jenis tas Everbest dan berharga lainnya,” pungkas AKBP Budi Wahyono.
Kedua pelaku dijerat Pasal 378 dan 372 juncto 556 ancaman 4 tahun penjara. Akan tetapi kata AKBP Budi, tidak menutup kemungkinan ada pelaku lain dari kedua oknum ASN tersebut.
”Pasal yang kita terapkan juncto pasal 445 KUHP. Tidak menutup kemungkinan ada pihak lain yang terlibat dalam kasus penipuan SK CASN ini,” ujarnya. (ira/mir/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.