Kriminal

Kasus Dugaan Korupsi PD Parkir Makassar Raya Disorot


MAKSSAR, BKM — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan belum juga melimpahkan kasus dugaan korupsi pengelolaan anggaran Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya ke Pengadilan Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar.
Padahal, kasus yang telah mendudukkan satu tersangka, yakni Rusdi Muhadir yang diketahui merupakan mantan Direktur Umum (Dirum) PD Parkir Makassar Raya telah lama ditangani. Kasusnya hingga kini masih masuk ke dalam tahap penyidikan.
Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel, Idil, mengatakan, perkara dugaan korupsi di PD Parkir Makassar Raya terus digenjot. Penyidik Kejati Sulsel yang menangani perkaranya masih melengkapi berkas tersangka.
Jika semua berkas telah dinyatakan lengkap lanjut Idil, maka pelimpahan perkara dugaan korupsi di lingkup PD Parkir Makassar ke Pengadilan Tipikor Makassar sudah pasti secepatnya dilakukan.
”Perkaranya belum dilimpah ke persidangan. Itu masih penyidikan,” ucap Idil kepada BKM, Kamis (14/5).
Sepanjang perjalanan kasus tersebut, Kejati Sulsel telah menetapkan satu orang tersangka. Adalah Rusdi Muhadir yang pernah menjabat sebagai Direktur Umum (Dirum) dan juga pernah menjabat sebagai Direktur Operasional (Dirops) PD Parkir Makassar Raya. Rusdi Muhadir ditetapkan sebagai tersangka atas perbuatannya melawan hukum yang telah melakukan pengambilan uang kas.
Tidak itu saja, Rusdi Muhadir juga diketahui telah menyetujui pengambilan uang kas PD Parkir Makassar Raya oleh mantan Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Aryanto Dammar. Sementara Aryanto Dammar telah meninggal dunia dalam perjalanan kasus ini.
Kasus dugaan korupsi ini menguak setelah adanya hasil audit independen hingga menemukan adanya praktik dugaan penyalahgunaan anggaran PD Parkir Makassar Raya senilai Rp1,9 miliar pada tahun 2008 hingga tahun 2017.
Menyikapi hal itu, Direktur Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi, Kadir Wokanubun, menyayangkan sikap dari penyidik Kejati Sulsel yang hingga saat ini belum juga merampungkan berkas perkara kasus korupsi PD Parkir Makassar Raya.
Dia berharap, pekan ini kasus korupsi yang menjerat Rusdi Muhadir bisa segera dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan. Dan terus dilakukan pengembangan atas kemungkinan adanya tersangka lainnya.
”Kasus ini lumayan lama dan harusnya sudah masuk sidang. Kami juga harap penyidik tidak berhenti di Rusdi Muhadir tetapi kembali mendalami adanya keterlibatan pihak lain,” tegasnya. (arf/mir)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.