14 Jalan Lingkungan Akan Segera Direhabilitasi

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar mulai melelang sejumlah proyek jalan di Makassar. Proyek jalan yang bakal dilelang mulai dari paket jalan lingkungan, rehabilitasi, dan pembangunan jalan.

Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir, menerangkan, semua dokumen lelang sudah dimasukkan ke unit layanan pengadaan (ULP).
Menurutnya, semua kegiatan pengerjaan jalan yang dilaksanakan tahun ini berasal dari usulan warga dari musrembang dan pokok pikiran (pokir) DPRD.
“Semua paket jalan lingkungan, rehabilitasi dan pembangunan jalan yang mau ditender, sudah masuk ke ULP,” ungkap wanita yang akrab disapa Helsy itu, Selasa (10/5).
Dia melanjutkan, khusus untuk jalan lingkungan, ada 14 paket rehabilitasi jalan yang akan ditender. Setiap paket untuk satu kecamatan.

Sementara untuk rehabilitasi jalan dibagi dalam lima paket dan pembangunan jalan enam paket.
“Untuk rehabilitasi jalan, kebanyakan pekerjaan pengaspalan. Sementara pembangunan jalan adalah proses betonisasi. Kita berharap tendernya sudah tayang pekan ini,” kata Helsy.
Rehabilitasi jalan kebanyakan dilakukan di jalan rusak yang berada di kawasan perumahan seperti Telkomas, Citra Sudiang, Taman Sudiang, dan lainnya.
Dia memprediksi, jika proses tender berjalan lancar, maka proses pengerjaan bakal langsung dipacu.
“Kalau misalnya lelang sudah tayang minggu depan, paling lama empat atau lima bulan masa pelaksanaannya,” tambah Helsy.

Sementara itu, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU, Tajuddin Beddu, menambahkan, secara umum kondisi jalan di Kota Makassar cukup baik dan layak.
Kalaupun ada yang mengalami kerusakan cukup parah, kebanyakan merupakan jalan di kawasan perumahan yang belum masuk aset Pemkot Makassar. Masih menjadi tanggung jawab pengembang.
“Jalan rusak di Makassar, kondisinya, kita salah satu tertinggi jalan yang baik. Sekitar hampir 98 persen. Yang banyak rusak belum masuk aset kita di perumahan. Yang ada rusak ringan,” tandas Tajuddin. (rhm)

  • Bagikan