Metro

Perangi Covid-19 Dishub Semprot Kendaraan


MAKASSAR, BKM–Dinas perhubungan di kabupaten dan kota di Sulsel telah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah kendaraan yang memasuki wilayah mereka. Termasuk melakukan pemeriksaan kendaraan dan penumpangnya di setiap pintu gerbang kabupaten/kota masing-masing.

Seperti yang terlihat Senin (6/4) pagi, dinas perhubungan melakukan penyemprotan desinfektan ke kendaraan yang melewati gerbang perbatasan Makassar-Maros dan pemeriksaan suhu tubuh para sopir dan penumpangnya.
Hal ini tentu guna menekan penyebaran Covid-19 di Sulsel. Terutama dari orang-orang yang melakukan perjalanan antar kabupaten.
“Teman-teman di kabupaten sudah melakukan pemeriksaan masuk dan keluarnya kendaraan. Jadi yang ke palopo itu bisa sampai empat atau lima kali disiram desinfektan. Mereka (dishub kabupaten) sangat melakukan pengawasan ketat,” ungkap Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, Arafah Palu.
Beberapa gerbang kabupaten/kota dikatakan Arafah memang cukup ketat melakukan pemeriksaan. Antara lain pengawasan sangat ketat di perbatasan Makassar-Maros dan gerbang masuk Palopo.
Sebelum itu di perbatasan Barru-Parepare dikatakannya juga dilakukan pemeriksaan. Begitu juga dengan di Bulukumba, terutama di pelabuhan penyeberangan ke Selayar.
Arafah mengatakan pihaknya telah menerima surat dari Kementerian Perhubungan terkait tidak ada pelarangan akses keluar masuk daerah. Sehingga yang bisa dilakukan sekarang adalah menerapkan pemeriksaan secara ketat.
“Kalau ada daerah yang melarang akses keluar masuk, silahkan menyurat ke Kementerian Kesehatan langsung,” tegas Arafah.
Walaupun begitu, Arafah tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melalukan perjalanan ke luar daerah. Atau tetap memgisolasi diri dirumahnya sendiri.
Arafah menambahkan, pihaknya kini tiap malam juga melakukan pemeriksaan terhadap bus yang ingin melakukan perjalanan ke luar Makassar. Semua penumpang dihimbau untuk menggunakan masker dan berjarak minimal satu meter dari penumpang lain.
Tiap malam kita memeriksa bus yang berangkat. Yang penting pakai masker. Ada jarak antar penumpang miniml satu meter. Tapi sekarang Alhamdulillah sudah mulai kurang juga penumpang,” ungkapnya.(nug)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.