Metro

Korban Covid-19 yang Sembuh Meningkat


MAKASSAR, BKM–Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari menegaskan, angka kesembuhan di Sulsel akan semakin meningkat tiap harinya. Hal ini menjadi semangat bagi pasien lainnya yang positif agar bisa semangat dan bertahan menjalani masa inkubasi di rumah sakit selama 14 hari.
“Dari angka pasien positif yang ada, kami mendapat update dari rumah sakit bahwa ada penambahan 10 pasien yang sembuh, sehingga totalnya 19. Mari kita berdoa, insyaallah minggu depan bertambah lagi angka sembuh,” beber Ichsan Mustari.
Ichsan menambahkan, pasien yang telah sembuh dari covid tidak lagi bisa terpapar kembali. Pasalnya kekebalan tubuh mereka lebih bagus, dimana plasma darah milik para penyintas danggap mengandung antibodi yang dapat melawan infeksi virus ganas itu.
“Berita baiknya orang positif yang sembuh, mereka sudah kebal karena antibody sudah tumbuh dalam tubuhnya tidak akan terkena lagi infeksi,” kata Ichsan.
Olehnya itu, masyarakat diimbau untuk tidak mengucilkan atau menganggap aib para penyintas. Ketakutan untuk tertulas virus tidak usah dikhawatirkan kata Ichsan, sebab orang yang sembuh tidak akan menularkan virus.
“Mereka (yang sembuh) tidak bisa menyebarkan. Ini penting diketahui agar jangan sampai masyarakat tidak mau bertemu atau menolak orang yang pernah positif, sembuh berarti ditubuhnya tidak ada virus, dan tidak bisa kena lagi,” tegasnya.
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel ini menambahkan, virus covid tidak sama dengan penyakit-penyakit lainnya yang bisa menyebar dan menyerang bagian tubuh yang lain. Misalnya kanker yang bisa bermutasi atau membelah tanpa terkendali dan menyerang jaringan sehat.
“Virus bukan seperti sel kanker yang gampang bermutasi, karena virus ini jenisnya tetap namanya covid,” terangnya.
Terkait pasien yang telah sembuh, mereka telah dipulangkan ke daerah atau tempatnya masing-masing. Selanjutnya mereka akan menjalani check up satu kali di RS perawarannya, dan diinstruksikan untuk mengisolasi diri di rumah dulu, agar kondisinya betul-betul sehat.
Untuk dinyatakan sembuh dari covid-19 ini, pasien yang telah menjalani masa inkubasi selama 14 hari akan diuji kembali swabnya apakah negatif atau masih positif. Pemeriksaan dilakukan dua kali, jika hasilnya negatif dua kali berturut-turut maka yang bersangkutan dinyatakan sembuh.(nug)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.