Sulselbar

Informasi Penutupan Pasar Sentral Sinjai Hoaks


IST Ramlan Hamid

SINJAI, BKM — Beredar kabar bahwa Pasar Sentral Sinjai, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai akan ditutup sementara karena merebaknya wabah virus corona atau covid-19. Hal tersebut membuat kepanikan masyarakat, khususnya bagi pedagang. Karena informasi tersebut berembus di tengah lesunya perekonomian.
Ternyata, kabar tersebut tidak benar alias hoaks. Hal itu ditegaskan langsung Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sinjai, Ramlan Hamid.
Menurutnya, hingga saat ini pemerintah daerah belum mengeluarkan keputusan untuk melakukan penutupan pasar sentral. Karena itu masyarakat diharapkan agar tidak percaya informasi bohong itu.
“Belum ada rencana penutupan. Kecuali memang pada saatnya nanti Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 dan pemerintah daerah sudah menyimpulkan bahwa pasar sentral itu harus ditutup, atau bagaimana modelnya. Itu nanti kita umumkan secara resmi kepada seluruh masyarakat,” terang Ramlan, Senin (6/4).
Untuk itu, Ramlan meminta kepada seluruh masyarakat Sinjai, khususnya bagi para pedagang agar dalam kondisi seperti ini tidak mudah terprovokasi dengan isu yang berkembang di luar dan tidak jelas sumbernya.
“Sekali lagi kami sampaikan belum ada rencana penutupan. Belum ada keputusan pemerintah daerah menyatakan bahwa pasar sentral kita tutup. Jadi masih berjalan seperti biasanya. Kita dari pemerintah daerah ada gugus tugas dan juru bicara. Nah, kalau informasi bukan dari situ, jangan dipercaya,” tandasnya.
Kendati begitu, pihaknya berharap, dalam menghadapi covid-19 ini agar pedagang dalam melakukan aktivitasnya untuk mengikuti protokol penanggulangan covid-19.
“Misalnya, dalam melakukan aktivitas selalu menggunakan masker. Kalau bisa pakai sarung tangan. Kita saling menjaga, karena virus ini kita tidak kita lihat. Sehingga perlu diantara kita mengikuti aturan dan anjuran pemerintah. Apa yang terbaik harus dilakukan,” imbuhnya. (din/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.