Headline

Naik Motor Antar Donasi Masker ke Makassar


Jiwa Sosial Kopka Mus Dian Setiawan di Tengah Wabah

IST DONASI MASKER-Kopka Mus Dian Setiawan menyerahkan donasi masker dari kapal RS Terapung Kesatria Airlangga yang bersandar di Pelabuhan Bira, Bulukumba kepada pihak RSUP Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

BULUKUMBA, BKM — Satu persatu mereka yang berjiwa sosial muncul di tengah pandemi covid-19 yang tengah berlangsung saat ini. Terutama ketika kebijakan karantina wilayah sebagai bagian dari pembatasan sosial (social distancing) diterapkan sejumlah daerah.

NAMANYA Mus Dian Setiawan. Ia prajurit TNI angkatan laut (AL) berpangkat kopral kepala (kopka). Sehari-harinya bertugas di Pos Pengamat (Posmat) Lantamal VI Bulukumba.
Nurani kemanusiaannya terketuk kala terjadi pembatasan pergerakan manusia dari satu daerah ke daerah lainnya. Sementara ada donasi bantuan yang hendak disalurkan kepada pihak yang membutuhkan.
Dengan mengendarai sepeda motor, Kopka Dian Setiawan melintasi empat kabupaten di Sulsel. Masing-masing Bantaeng, Jeneponto, Takalar, dan Gowa. Ia menuju ke Kota Makassar. Di boncengannya terdapat dua kotak berukuran sedang yang sudah dikemas rapi. Disimpan dalam dos lalu dilakban plastik.
Isi kotak tersebut adalah masker. Merupakan donasi dari kapal RS Terapung Kesatria Airlangga yang bersandar di Pelabuhan Bira, Bulukumba. Diperuntukkan bagi para tenaga medis yang menangani pasien civid-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar.
Perjalanan ratusan kilometer ia lalu guna mengantar paket tersebut pada hari Rabu (1/4). Hal itu dilakukan Kopka Dian karena pihak donatur tidak mendapatkan kendaraan untuk mengantarkan donasinya ke Makassar. Di lain pihak, ada petugas medis yang sangat membutuhkan masker tersebut.
Kopka Dian mengaku tak menyangka apa yang dilakukannya itu menjadi perhatian, bahkan viral di media sosial. ”Saya hanya membantu dengan ikhlas, mengantarkan bantuan tersebut dari Bulukumba ke Makassar. Tidak mengharapkan imbalan apapun. Semata demi kemanusiaan,” tuturnya kepada BKM melalui WhatsApp, Minggu (5/4).
Dalam perjalannya ke Makassar, Kopka Dian harus melewati beberapa kali pemeriksaan di sejumlah kabupaten, sebelum akhirnya sampai di Makassar.
”Waktu itu tidak ada ekspedisi pengiriman yang bisa mengantarkan barang donasi tersebut. Saya kemudian menawarkan diri, dan akhirnya diamanahkan untuk membawa barang tersebut ke Makassar,” lanjut Kopka Dian.
Perjuangan Kopka Dian mengantar paket bantuan masker tersebut mendapat apresiasi dan ucapan terima kasih yang tak terhingga dari dr Nilla Mayasari, bagian penerima donasi RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar.
”Pihak RS Wahidin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga Makassar kepada Kopka Dian Setiawan, prajurit Lantamal Vl anggota Posmat Bulukumba. Beliau dengan ikhlas dan sukarela menembus hujan, melintasi lima kabupaten dan menempuh jarak sekitar 250 km dengan menggunakan sepeda motor, membonceng masker donasi dari kapal RS Terapung Kesatria Airlangga yang sandar di pelabuhan Bira-Bulukumba untuk tim medis RS Dr Wahidin Sudirohosodo,” ujar dr Nilla Mayasari.
Komandan Posmat Bulukumba Lettu Laut (P) Rawuh Basuki, memberi apresiasi terhadap apa yang diilakukan Kopka Dian Setiawan. Menurutnya, apa yang dilakukan prajurit tersebut merupakan bagian dari wujud pelaksanaan imbauan pemerintah dan pimpinan TNI AL dalam rangka membantu pencegahan penyebaran virus corona.
”Kita berharap keberadaan posmat TNI AL di Bulukumba bisa terus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujarnya. (min/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.