Metro

Sopir Petepete dan Ojol Diminta Waspada


Penumpang Turut Diperiksa Suhu Tubuhnya

BKM/DOK WASPADA--Dishub Kota Makassar tetap meminta agar sopir petepete dan ojol untuk tetap waspada di tengah merebaknya virus corona. Dishub bahkan telah melakukan pemeriksaan suhu tubuh ke sopir dan penumpang.

MAKASSAR, BKM– Walaupun masyarakat diimbau untuk menerapkan social distancing dan sebisanya work from home (WFH), namun tidak semua profesi bisa menerapkan hal tersebut. Salah satunya adalah warga yang berprofesi sebagai driver atau sopir. Apakah sopir petepete, ojek online, sopir taksi, hingga sopir angkutan umum lainnya.

Agar para pengemudi tersebut tetap aman dalam melaksanakan tugasnya, dan mengantisipasi penyebaran virus corona penyebab covid-19, Dinas Perhubungan Kota Makassar menginstruksikan agar senantiasa hati-hati saat bertugas.
Selain itu, mereka juga diminta menyiapkan cairan disinfektan, hand sanitizer, dan mengenakan masker.
Dinas perhubungan juga melakukan langkah pencegahan dengan menggandeng sejumlah operator ojek online dan Organda Kota Makassar menyiapkan handsinitizer bagi para pengemudi termasuk melakukan penyemprotan disinfektan terhadap armada atau kendaraan mereka.
Kepala Dinas Perhubungan, Mario Said menuturkan, selain melakukan penyemprotan disinfektan kepada kendaraan, juga mereka melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang dan sopir.
“Kta bersama Ketua Organda melakukan pemeriksaan suhu badan terhadap supir dan penumpang di angkot. Dan penyemprotan disinfektan di kendaraan angkotnya. Jadi semua penumpang yang kita kasi turun dulu dan diperiksa suhu badan dan disemprot kendaraannya. Itu berlaku ke semua trayek,” kata Mario, Kamis (2/3).
Selain itu, kata Mario, khusus untuk ojek online, pihaknya telah berkomitmen bersama agar semua mitra ojol difasilitasi dengan alat pelindung diri, seperti masker, kos tangan dan hand sanitizer.
“Kita sebenarnya melakukan kerjasama untuk mereka diberikan masker, tapi ini yang manajemen operatornya, baik pihak Grab, begitu pula dengan manajemen Gojeknya. Maksudnya manajemennya yang siapkan kita sama-sama dan di situ juga kita lakukan penyemprotan terhadap kendaraan-kendaraan mitra Grab dan mitra Gojeknya,” jelasnya.
Kegiatan ini rencanannya akan rutin dilakukan pihak Dishub Makassar sesuai kemampuan budget APBD.
“Terkait sampai kapan ya artinya sesuai kemampuan kita, kita lakukan ada di beberapa jalur di tiga titik. Tadi di Mallengkeri, seputar terminal, terus di Masjid Raya dan daerah Tallo,” tambah Mario.
“Kita mengacu dan menunggu instruksi dari atasan. Hanya kita mengimbau agar setiap sopir pengendara umum agar menjaga kebersihan kendaraan nya. Seperti taksi dan angkot menyiapkan handsinitizer dan sebagainya,” tutupnya.

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.