Sulselbar

Proses Sidang Melalui Daring


SIDANG ONLINE -- Kejari Kabupaten Sidrap menggelar sidang secara online (daring) melalui video conference di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

SIDRAP, BKM — Kejari Kabupaten Sidrap menggelar sidang secara online (daring) melalui video conference di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Teknis sidang daring bersifat normatif sebagai langkah pencegahan sekaligus efektif dan efesien serta jarak kontak komunikasi langsung terhindari.
Kejari Sidrap Djasmaniar, SH, MH mengatakan sidang pidana daring mulai dilakukan Selasa (31/3) melalui aplikasi zoom.
Persidangan perdana daring ada lima perkara dengan delapan terdakwa perkara pidana umum seperti narkotika, pencurian, dan kasus pertambangan.
“Sidang perdana mengagendakan putusan, tuntutan dan agenda pemeriksaan saksi. Semua dilakukan ditiga titik,”ujar Kajari Djasmaniar, saat memantau proses sidang daring perdana, dikantornya, kemarin.
Dia menambahkan efektifitas sidang daring membangun komunikasi dengan PN dan Rutan tanpa harus bersua. Sebab koordinasinya antarinstansi saling berkaitan. Penekanannya bagaimana caranya di persidangan antara terdakwa di Rutan tidak berhubungan langsung dengan hakim dan jaksa.
“Makanya digelar sidang secara online dengan panggilan video (video call). Seperti, JPU sidang di Kantor Kejaksaan, sebaliknya pihak MH di kantornya sendiri, termasuk terdakwa di Rutan Klas II B,”jelasnya.
Ketentuan ini sambung Djasmaniar, sudah di setujui berdasarkan surat edaran pimpinan masing-masing instansi.
“Sidang online ini dilakukan sesuai instruksi, Kejaksaan Agung dan Kemenkumham untuk mencegah penyebaran COVID-19. Mukadima ini sudah diatur dalam asas-asas hukum acara pidana,”tukasnya. (ady/D)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.