Sulselbar

PN Terapkan Sidang Aplikasi Zoom


SIDRAP, BKM — Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Sidrap menerapkan e-court dan e-litigasi atau semua orang tidak boleh lagi berinteraksi secara langsung dengan pihak lain. Kebijakan ini menyusul wabah pandemi Covid-19 agar tidak menghalangi para majelis hakim menggelar sidang.
Penerapan sistem e-courd dan e-ligitasi dilakukan Rabu (1/4), sudah mulai nyaman bersidang tanpa harus bertatap muka langsung dengan para terdakwa. Seperti penerapan sistem aplikasi zoom, persidangan perkara pidana pada hari kedua dengan menggunakan teknologi video confrence atau sistem Sidang Daring (online) diklaim berlangsung aman, efektif dan lancar.
Majelis hakim yang bersidang Santonius Tambunan, SH.MH Ketua dan Wakil Ketua PN beranggotakan Satriany Alwi, SH. MH dan Rahmi Dwi Astuti, SH.MH menggelar sidang hanya ditemani panitera dan satu orang tim teknis.
Adapun agenda sidang yang sudah terjadwal itu yakni dari 15 sidang perkara pidana, 13 diantaranya sidang online, dua diantaranya kasus perdata digelar dengan cara e-litigasi atau para pihak berperkara tidak lagi bertatap langsung, sesuai standar sistem yang dibuat oleh MA.
Ketua PN Sidrap Hj Ernawaty menegaskan guna mencegah penyebaran virus corona, PN Sidrap pertama kalinya menggelar sidang perkara pidana melalui jarak jauh atau menggunakan teleconference.
Penerapan sidang daring itu perdana dilaksanakan pada hari Selasa (31/3) di ruang sidang utama. Sidang dipimpin Wakil Ketua PN Sidrap Santo Tambunan SHMH didampingi dua hakim anggota, sementara JPU bersidang Live di Kejari dan Rutan Klas IIB Sidrap.
Sementara, terdakwa bersama PH itu tetap live melalui kantor rutan sendiri. (ady/C)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.