Headline

Fakultas Peternakan Unhas Sebar Bakso, FKM Bantu Bahan Pokok


Kepedulian untuk Masyarakat Kecil di Tengah Pandemi Covid-19

MAKASSA, BKM — Kepedulian terhadap sesama selalu saja ada di tengah terjadinya bencana. Salah satunya kembali ditunjukkan Fakultas Peternakan dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasasanuddin.

BANTUAN bahan makanan berupa bakso disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Bakso ini diproduksi langsung unit bisnis Maiwa Breeding Center (MBC) Unhas.
Selain itu, untuk membantu kelompok paling rentan, FKM Unhas berinisiatif turut serta memberi bantuan bahan pokok bagi masyarakat. Khususnya yang berdomisili tak jauh dari kawasan kampus.

Dekan Fakultas Peternakan Unhas Prof Lellah Rahim, menjelaskan bahwa kegiatan ini didorong oleh imbauan pemerintah agar masyarakat tinggal di rumah dan melakukan aktivitas di rumah. Bantuan bahan makanan berupa bakso merupakan hasil kerja sama Fakultas Peternakan dengan unit bisnis Maiwa Breeding Center (MBC), yang merupakan salah satu pusat unggulan inovasi Unhas. Prof Lellah mengatakan, fakultas yang dipimpinnya selalu terdorong untuk terlibat dalam membantu masalah sosial dan kemanusiaan.
“Kami terlibat juga mengirim suplai bahan makanan siap saji ketika terjadi bencana Palu. Begitu pula ketika ada bencana di sekitar Gowa, kami berkerja sama dengan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI). Untuk wabah covid-19 kali ini, kegiatan sosial kami dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Produksi Ternak, dengan bantuan dana dari ranch Maiwa kerja sama MBC serta unsur sivitas akademika Fakultas Peternakan,” terangnya, Rabu (1/4).
Fakultas Peternakan menyiapkan sebanyak 200 paket bakso. Setiap paketnya berisi 1 kg daging bakso siap konsumsi, yang diperuntukkan bagi masyarakat kecil di sekitar kampus. Mereka yang menjadi prioritas adalah pekerja transportasi harian, seperti becak, bentor dan ojek, buruh bangunan, tenaga kebersihan, dan satuan pengamanan kampus di lingkungan agrokompleks.
Sementara oleh FKM Unhas, bantuan yang disalurkan berupa paket sembako. “Alhamdulillah, dari donasi tersebut kita berhasil kumpulkan 300 paket bahan pokok. Setiap paketnya terdiri atas 10 liter beras, 30 butir telur, 1 kilogram gula pasir, 1 liter minyak goreng. Juga kami sertakan masker untuk pekerja informal yang terpaksa harus tetap bekerja,” ujar Dr Aminuddin.
FKM telah berkontribusi pula dalam pengerahan relawan-relawan untuk membantu garda terdepan upaya memutus rantai penyebaran virus. Para relawan FKM sebagian besar bergerak dalam bidang penyebarluasan edukasi kepada masyarakat, yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Unhas. Selain itu, FKM juga peduli pada kondisi sosial masyarakat sekitar, yang diwujudkan melalui pembagian bahan pokok ini.
“Kami berharap semoga bantuan ini bermanfaat, bisa mengurangi beban masryarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap. Untuk seluruh donatur yang membantu, semoga sumbangannya menjadi pencegah dari berbagai musibah dan menjadi amal kebajikan,” tandasnya. (ita)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.