Gojentakmapan

Ratusan Personel Gabungan Gempur Somba Opu dan Pallangga


BKM/IST DISINFEKTAN -- Para personel mengisi cairan disinfektan ke dalam tabung penyemprot dari bak water canon berisi 3.500 liter disinfektan.

GOWA, BKM — Sebanyak 390 personel gabungan Polres Gowa, Kodim 1409 Gowa, dan instansi terkait milik Pemkab Gowa seperti Dinas Kesehatan dan Satpol PP, mulai melakukan penyemprotan massal perdana di Kecamatan Pallangga dan ibukota Kabupaten Gowa, yakni Kecamatan Somba Opu, Selasa pagi (31/3).

Dalam gabungan personel itu terdapat juga sejumlah organisasi pemuda seperti KNPI, HMI termasuk PMI dan Kowari.

Penyemprotan ini dilakukan pasca-dikeluarkannya instruksi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) kepada jajaran kepolisian di Indonesia bernomor ST/1008/KES.7/III/2020 tanggal 27 Maret 2020 tentang arahan untuk dilakukan penyemprotan secara massif dan serentak guna meminimalisir tingkat penyebaran virus corona yang kian merata di seluruh tanah air.

Sebelum penyemprotan, personel gabungan melakukan apel bersama yang dilaksanakan didua tempat, yakni di lapangan Polres Gowa dan lapangan Polsek Palangga. Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola, para PJU Polres Gowa, Kasi Ops Kodim dan Ketua KNPI Gowa. 

Dalam penyemprotan ini beberapa sarana dan prasarana disiapkan baik water cannon yang bervolume 2.000 liter ditambah cairan disinfektan sebanyak 3.500 liter.
Armada ambulans dan alat penyemprot sebanyak 102 buah serta beberapa kendaraan dinas milik Polres Gowa.

Water cannon ini menjadi bak penyuplai cairan disinfektan untuk mengisi tabung-tabung penyemprotan.

Seluruh personel yang berjumlah sekitar 390 orang dilengkapi alat pelindung diri yang sederhana dan peralatan penyemprotan lalu para personel dibagi ke beberapa daerah penugasan di dua kecamatan sasaran yang terdiri atas 17 kelurahan di Kabupaten Gowa. Sasaran semprot rumah warga, fasum seperti tempat ibadah, perkantoran, toko-toko,  warung, sekolah, GOR Gowa dan lainnya.

Diharapkan dengan dilakukannya penyemprotan cairan disinfektan di Pallangga dan Kecamatan Somba Opu ini akan mampu mencegah dan meminimalisir penularan virus agar tidak semakin meluas. Sekaligus memberi edukasi kepada masyarakat untuk peduli pada kesehatan.

”Perlu saya sampaikan bahwa penyemprotan disinfektan ini akan kami lakukan selama dua hari berturut-turut terhitung mulai hari ini Selasa 31 Maret 2020 hingga Rabu 1 April 2020 sampai ke tingkat RT/RW di 18 kecamatan,” kata Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola di sela kegiatan penyemprotan.

Menurut Kapolres Boy Samola, dilakukannya penyemprotan disinfektan di dua kecamatan tersebut karena telah terindikasi sebagai wilayah rawan setelah ada di dua kecamatan tersebut dinyatakan positif tertular covid-19.

Sementara hari ini, Rabu (1/4) sesuai program serentak penyemprotan yang telah digaungkan Pemkab Gowa seperti dikatakan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sebelumnya, pada 1 April dilakukan penyemprotan serentak di seluruh pelosok Gowa.
Pada 1 April, Pemkab Gowa akan melakukan penyemprotan secara massal dari tingkat kabupaten hingga tingkat RT dan RW. Tapi khusus untuk Somba Opu dan Pallangga karena wilayahnya cukup luas maka dilakukan dua hari dimulai 31 Maret kemudian lanjut lagi 1 April ini. Yang jelas, kita harapkan penyemprotan ini maksimal, sehingga bisa memutus penyebaran covid-19 di Gowa ini,” tandas Bupati Adnan. (sar/mir)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.