Gojentakmapan

Aparat Desa dan Dusun Laporkan Warganya ke Instansi Terkait


MAROS, BKM — DPRD Maros meminta aparat desa dan dusun yang ada di Kabupaten Maros untuk melaporkan ke instansi terkait jika ada warganya yang baru kembali dari perjalanan ibadah umrah.
Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi sejak awal penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Maros. Apalagi saat ini, ada tiga warga Maros yang dinyatakan positif terpapar virus corona. Dua di antaranya merupakan warga yang baru kembali dari ibadah umrah.
Ketua DPRD Maros, HA Patarai Amir, menjelaskan, untuk saat ini, seharusnya kepala desa dan kepala dusun, turun ke warganya dan mendata warga yang baru pulang dari ibadah umrah. Selain itu, warga juga harus kooperatif mengakui jika memang baru pulang dari ibadah umrah.
”Sebaiknya memang, pemerintah tingkat desa dan dusun melakukan pendataan warganya yang baru pulang dari ibadah umroh. Setelah itu, datanya harus diserahkan ke Dinas Kesehatan, untuk ditindaklanjuti. Supaya perkembangan kesehatan mereka semua dapat dipantau,” jelasnya, kemarin.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Maros, AS Chadir Syam, menambahkan, terkait penanganan virus corona oleh Dinas Kesehatan, sudah berjalan sebagaimana mestinya. Hanya saja, kata dia, dalam penanganan virus corona ini adalah struktur pemerintahan di tingkat bawah, seperti desa, dusun dan ketua-ketua RT.
Mereka diminta melaporkan ke pihak kesehatan jika ditemukan atau diidentifikasi ada masyarakat yang perlu dipantau atau diperiksa. ”Warga harus kooperatif. Jangan takut apalagi panik. Jika memang ada warga yang baru pulang dari umrah, atau pernah kontak dengan pasien positif corona, jangan sungkan untuk melaporkan diri dan memeriksakan diri ke Pustu atau Puskesmas terdekat,” jelasnya.
Ketua Gugus Penanganan Corona Kabupaten Maros, Andi Davied Syamsuddin, menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah melakukan pemantauan warga Maros yang baru pulang dari ibadah umrah. Khususnya bagi mereka yang alamatnya diketahui.
”Data lengkapnya ada di PKM dan kecamatan. Tapi laporannya warga yang baru pulang dari ibadah umrah berkisar ratusan orang. Semuanya insya Allah sudah dalam pemantauan kami,” imbuhnya. (ari/mir/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.