Headline

Dua PDP Sembuh dan Dipulangkan


SIDRAP, BKM — Sejumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di dua kabupaten, yakni Sidrap dan Barru telah dipulangkan. Meski begitu, mereka masih tetap diawasi secara ketat.
Dua PDP di Sidrap merupakan warga Kecamatan Maritengngae. Mereka yang sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifn Nu’mang, dinyatakan sembuh dan kesehatannya membaik.
Data Bidang Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan dan KB Pemkab Sidrap mengklaim, saat ini ada enam orang yang tengah dirawat intensif dan masuk PDP. Semuanya dirawat intensif di RSUD Arifin Nu’mang, Rappang.
Sekretaris Kabupaten Sidrap Sudirman Bungi membenarkan enam warga itu diduga suspek covid-19. “Ada yang riwayatnya pernah kontak dengan dua warga positif covid-19. Tapi ada dua pasien lainnya sudah sembuh dan tidak dirawat lagi. Mereka hanya di istirahatkan di rumahnya. Tapi tetap kita awasi. Setiap hari ada petugas Dinas Kesehatan mengecek kondisinya beserta keluarganya di rumah,” ungkap Sudirman.

ODP Menurun

Sementara di Kabupaten Barru, dari data yang dirilis Tim Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19, warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) mengalami penurunan. Dari sebelumnya 69 orang, kini menjadi 52 orang.
Angka itu disampaikan juru bicara Tim Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Barru dr Amis Rifai, Jumat sore (27/3) saat menggelar konferensi pers di kantor media center.
”Berdasarkan data resmi dari Media Center Penanganan Covid-19 Barru, jumlah ODP kini sisa 52 orang. Ini mengalami penurunan jika dibandingkan data sehari sebelumnya yang berjumlah 69 orang,” ujarnya.
Menurut dr Amis, berkurangnya ODP ini, karena sebagian sudah melewati masa pemantauan selama 14 hari, dan tidak ditemukan ada gejala covid-19.
“Sisanya sekarang yang masih dalam pemantauan, yakni Mallusetasi 13 orang, Soppeng Riaja lima orang, Balusu tujuh orang, Barru 13 orang, Tanete Rilau lima orang, Tanate Riaja tujuh orang, dan Pujananting dua orang,” jelas dr Amis.
Sementara pasien dalam pengawasan (PDP), kata Kepala Dinas Kesehatan Barru ini, tercatat satu orang. Pasien tersebut merupakan penumpang kapal fery yang berasal dari Malaysia lewat Batulicin, dan menyeberang ke Barru dengan tujuan Kabupaten Gowa.
“PDP ini sempat dirawat di RSUD Barru selama dua hari. Selanjutnya dibawa ke RS di Makassar. Karena yang bersangkutan merupakan warga tujuan Kabupaten Gowa,” pungkasnya. (ady-udi/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.