Metro

Warga BTP dan Paccerakkang Krisis Air Bersih


BKM/RAHMA PENGGALIAN--Petugas dari PDAM Kota Makassar melakukan penggalian untuk mencari pipa bocor yang menyebabkan krisis air untuk warga di BTP dan Pacerakkang, akhir pekan lalu.

MAKASSAR, BKM– Krisis air bersih tengah dirasakan oleh pelanggan PDAM Kota Makassar, khususnya di daerah BTP, Paccerakkang dan sekitarnya.
Beberapa pelanggan mempertanyakan kinerja PDAM Kota Makassar akhir-akhir ini. Sudah lebih dari sepekan mereka tak menerima kiriman air bersih.
Salah seorang warga yang bemukim di BTP Blok AB, Dahniar mengatakan sepekan ini rumahnya tidak mendapat suplai air bersih dari PDAM. Terpaksa untuk memenuhi kebutuhan, dia membeli air galon. Sementara untuk kebutuhan air MCK, dia numpang mengambil di rumah tetangganya yang memiliki sumur bor.
Yang menjadi persoalan, kata ibu dua anak ini, kondisi mengkhawatirkan di tengah wabah virus corona yang mengharuskan warga untuk tetap tinggal di rumah masing-masing.
“Tapi bagaimana kita mau tinggal di rumah kalau harus keluar cari air bersih,” tuturnya, Minggu (29/3).
Dia berharap PDAM secepatnya mencari solusi atas persoalan yang dihadapi tersebut.
Ketika dikonfirmasi, PDAM Kota Makassar membenarkan hal itu.
Humas PDAM Muh Rusli, menyampaikan, bahwa telah terjadi kecelakaan kerja dimana salah satu pipa penghantar utama PDAM terkena alat bor dari galian pemasangan kabel sehingga air tak bertekanan atau loss.
Lamanya pencarian titik kebocoran yang sampai saat ini belum terdeteksi oleh karena pengeboran secara horizontal di bawah tanah membuat air tak punya tekanan menembus ke permukaan jalanan dan juga dipersulit oleh jalanan yang telah dibetonisasi.
“Kurang lebih 7.000-an pelanggan kita yang terkena imbas dari kejadian ini utamanya pelanggan pada daerah BTP Blok AA, AB, AC, AD, Mangga 3, Pondok Asri 3, Paccerakkang dsk, Perum. Yayasan Gubernur dan BTN Kodam 1,” jelasnya, akhir pekan lalu.
Sementara itu, Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Hamzah Ahmad, memerintahkan jajaran teknik untuk konsentrasi dalam penaganan ini sambil mengantisipasi kebutuhan air bersih pelanggan dengan armada mobil tangki seraya berharap semoga kebocoran ini secepatnya ditemukan. (rhm)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.