Metro

Tender Tak Satupun Berjalan di Makassar


MAKASSAR, BKM– Memasuki triwulan kedua proses tender di Pemkot Makassar belum berjalan maksimal, bahkan unit layanan pengadaan (ULP) mengaku siap memberi pendampingan.
Melihat kondisi itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Makassar mempertanyakan kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) yang dinilai gagal dalam perencanaan.
Menurut Ketua Komisi C DPRD Makassar, Abdi Asmara, seharusnya sudah ada beberapa proses tender baik yang fisik atapun non fisik yang sudah dalam tahap pelelangan. Namun kini memasuki bulan april tidak ada satupun yang berjalan dan masuk dalam tahap proses tender.
“Kita akan rapatkan ini dengan OPD yang lain kenapa perencanaanya tidak ada yang berjalan biar satu, inikan menghambat kerja-kerja pelayanan ke masyarakat utamanya pambangunan kesehatan dan infrakstruktur kota,” ungkapnya, Minggu (29/3).
Ia bahkan meminta Pemkot Makassar lebih gesit menjalankan program. Khususnya program yang perlu melalui proses tender di ULP.
Legislator Fraksi Demokrat ini menambahkan, lambatnya proses tender membuat pembangunan dan serapan anggaran daerah merosot lantaran kinerja pemerintah yang kurang gesit.
“Dilelang saja belum tentu bisa cepat dapat pemenang. Apalagi jika ditunda-tunda. Makanya mesti memang ada percepatan,” ujarnya.
Hingga kemarin, masih ada beberapa OPD yang belum juga bisa merampungkan dokumen perencanaannya. Sehingga, proses pengadaan barang dan jasa terhambat.
Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Makassar, Azwar, mengaku, proses tender masih berjalan setengah. Masih ada OPD yang masih berkutat pada dokumen perencaan. “Ada memang beberapa OPD yang baru mendapatkan anggaran berupa tender yang cukup besar. Harusnya proses penyelesaian dokumennya tidak lama kenapa masih bingung,” bebernya.
Makanya, pihaknya mengaku siap jika ada OPD yang merasa kesulitan dalam merampungkan dokumen perencanaannya. Ini dilakukan agar proses tender bisa segera dijalankan.
“Karena kalau menumpuk masuk pasti pemkot cukup kewalahan. Makanya solusi kami, ULP harus mendampingi jika memang dibutuhkan biar tender berjalan cepat,” tuturnya. (ita)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.