Metro

Meski Banyak Saingan, Kualitas dan Pelayanan Lebih Diutamakan


Yusuf Wahyudi, Usaha Jasa Reparasi Jok Motor (1)

BKM/ARDHITA SEMANGAT--Yusuf Wahyudi tetap semangat mencari rezeki lewat jasa jok motor, meski sudah banyak saingan. Ia lebih menjamin kualitas dan pelayanan ke pelanggan.

SUSAHNYA lapangan kerja termasuk membuka usaha sendiri harus punya semangat dan modal besar. Sementara kalau tidak berusaha sangat sulit untuk bisa memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga. Alasan itulah membuat Yusuf Wahyudi harus bisa mengembangkan usaha reparasi jok motornya.

Laporan: ARDHITA ANGGRAENI

Pria usia 36 tahun ini memikirkan mencari rezeki untuk keluarga dipinggir jalan sembari menjajaki usaha lainnya di Jalan Abdul Dg Sirua, Makassar.
Apalagi, akhir-akhir ini usaha jok motor sudah banyak saingan, karena banyak yang membuka usaha yang sama. Namun bapak dua anak ini tetap percaya diri untuk menjemput rezeki demi keluarganya di rumah.
“Saya ini tamatan SD mau kerja apa tamatan itu?, susah cari kerja yang lain. Cuman begini saja bisanya, ini saja usaha orang lain, jadi saya itu cuman dibayar jasa pemasangan jok saja Rp20-30 ribu, yang penting ada uang dibawah pulang untuk keluarga di rumah,” ungkapnya kepada penulis, Minggu (29/3).
Meskipun dalam sehari ia kadang mendapatkan orderan satu ataupun tiga reparasi jok, namun Yusuf tetap mensyukurinya.
Awal mula Yusuf menjual jasa reparasi jok motor tahun 2013 hingga saat ini, setelah menikah Yusuf hidup bersama keluarganya di rumah kontrakan kecil yang tidak jauh dari tempat usahanya.
Pertama kali memutuskan berusaha setelah ia sering nongkrong di bengkel motor milik temannya, tidak terlalu lama ia belajar cara memperbaiki sadel motor. Ia-pun ditawari menjual sarung sadel motor di pinggir jalan.
“Usaha saya dari suport teman, karena saya tidak punya kegiatan, tidak ada modal untuk usaha. Jadi saya ditawari jual jasa servis perbaiki ini saja (sadel) lumayan cuman butuh 15 menit saja satu kali pasang,” katanya.
Menurutnya ia harus memberi pelayanan yang memuaskan agar pelanggan tidak kecewa dan mau kembali lagi jika ingin melakukan pergantian jok. Apalagi banyak jok variasi yang ia punyai.
Untuk sekali penggantian jok motor biasanya pelanggan akan dikenakan biaya sekitar Rp35 ribu untuk sarung sadel kualitas standar, menengah Rp45 ribu, kualitas yang bagus Rp150-250 dan busa sadel ia beri tarif dengan harga Rp70 ribu.
“Tergantung kualitasnya ada harga Rp35 sampai Rp200 ribu lebih itu sudah termasuk pemasangannya. biasanya yang datang itu yang sadelnya sudah rusak, atau mau ganti dengan sadel yang empuk dan pasang busa, busa jok itu Rp70 ribu,” jelasnya. (*)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.