Kriminal

Hari ini Sidang Perkara di PN Makassar Digelar Secara Daring


MAKASSAR, BKM — Demi menindaklanjuti arahan jaksa agung, Kejaksaan Negeri Makassar, terpaksa harus mengikuti sidang perkara secara daring (dalam jaringan) atau online, guna menangkal penyebaran COVID-19 di Pengadilan Negeri Makassar.
”Makanya untuk itu kita tentu, sangat mengandalkan jaringan internet. Terutama yang jaringannya maksimal agar sidang bisa berjalan lancar,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kajari) Makassar, Nurni Farahyanti, Minggu (29/3).
Guna pelaksanaan sidang tersebut, pihak Kejari Makassar telah berkoordinasi dengan pihak pengadilan negeri, lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan, bahkan kepolisian, agar pelaksanaan sidang secara daring tersebut dapat menyukseskan program pemerintah terkait physical distancing (jaga jarak.
”Tujuannya agar suatu perkara dapat memperoleh kepastian hukum,” jelasnya.
Penerapan sidang secara daring tersebut, kata mantan Aspidum Kejati Bali ini, turut diikuti terdakwa, hakim, jaksa dan pendamping hukum (lawyer).
Sejatinya, perangkat komunikasi tersebut telah disiapkan di aula Kejaksaan Negeri Makassar. ”Rencananya mulai diterapkan pada Senin, 30 Maret 2020 ini,” katanya.
Hal tersebut dilakukan, menurut Kajari Makassar, dikarenakan situasi yang tidak memungkinkan. Kejari Makassar tentu juga akan terus melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum (APH), agar pelayanan harus tetap berjalan, namun tetap dalam aturan deteksi pencegahan Covid-19. (mat/mir)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.