Gojentakmapan

Terdata Delapan ODP dan Lima PDP


Dinkes Gowa Gencar Lakukan Tracking Status Covid-19

BKM/IST DISINFEKTAN -- Kadis Kesehatan Gowa, Hasanuddin bersama tim melakukan penyemprotan cairan disinfektan dengan menyasar perkantoran, masjid, rumah sakit dan lainnya.

GOWA, BKM — Perkembangan kasus Corona virus atau Covid-19 di seluruh daerah, termasuk di Kabupaten Gowa terus dilakukan. Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus bekerja mengantisipasi mewabahnya Covid-19. Yakni dengan melakukan tracking untuk mengetahui penyebaran virus di wilayah ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Hasanuddin, menjelaskan, data pemantauan Covid-19 di Gowa per hari Rabu (25/3) pukul 18.00 Wita. ”Dari hasil pemantauan kami, tercatat Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 5 orang,” jelas Hasanuddin saat dihubungi via WhatsApp, Rabu malam.

Dijelaskan, mereka yang terdata ini tercatat baru kembali dari daerah yang terjangkit wabah Covid-19 serta memiliki gejala seperti demam, batuk, dan sakit tenggorokan.

”Mereka yang masuk dalam ODP dan PDD dari laporan masyarakat yang kembali dari daerah yang terkena wabah virus Corona. Mereka melaporkan dirinya dan memiliki keluhan seperti batuk, demam di atas 38 derajat celcius. Ada pula yang kami tracking dari Puskesmas, rumah sakit tempat pasien berobat dan koordinasi dengan Pemprov Sulsel,” kata Hasanuddin.

PDP saat ini tercatat satu orang dirawat di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar. Sedangkan yang satunya di rumah sakit Takalar dan tiga orang status PDP telah kembali dari rumah sakit dan diminta untuk tetap melakukan isolasi mandiri.
”Saat ini juga ada empat orang yang sudah diswab. Yakni pengambilan sample untuk mengetahui positif atau negatif terinfeksi Covid-19,” kata Kadis Kesehatan Gowa.

Sementara untuk delapan orang ODP saat ini juga melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Bupati Gowa, Adnan Puricta Ichsan, dalam pesannya kepada masyarakat Gowa meminta agar masyarakat tidak panik, namun tetap waspada.

”Saya berharap masyarakat Kabupaten Gowa bersabar untuk tetap tinggal di rumah guna mencegah penyebaran virus Corona di Gowa. Jika harus keluar rumah agar selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter, mempraktikkan pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta rajin mencuci tangan,” pesan bupati Gowa.

Sampai kini pihak Dinkes Gowa terus pula melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasum vital, termasuk Puskesmas dan rumah sakit, sekolah-sekolah yang dibantu sejumlah OPD yang secara swadaya melakukan penyemprotan antara lain PMI Gowa dengan sasaran Lapas di Bolangi, kawasan kuliner Saung Rindu Alam dan lainnya, Dinas Perdagangan dan Perindustrian dengan sasaran pasar-pasar.
Selain itu, juga rutin dilakukan jajaran Polres Gowa bahkan mendirikan ruang blower disinfektan. Di kawasan markas Kostrad TNI AD di Pakkatto juga demikian, seluruh fasum dan ruang pelayanan termasuk rumah jabatan pimpinan Kostrad TNI AD disterilkan dengan disinfektan. (sar/mir)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.