Headline

Unhas Siapkan Boks Sterilisasi


MAKASSAR, BKM — Sejak beberapa hari lalu Universitas Hasanuddin mengaplikasikan boks sterilisasi, sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Walaupun alat ini baru tersedia beberapa saja, namun bisa mensterilkan orang-orang yang baru masuk ke ruangan tertentu.
Kasubag Humas Unhas Ishaq Rahman, mengatakan alat sterialisasi itu sudah ada di Fakultas Peternakan. Jika dulunya fungsinya sebagai alat steril biasa, kini telah dimodifikasi untuk mengatasi wabah covid-19. Instrumen ini berfungsi meminimalisir sebaran virus dan bakteri, dengan cara sterilisasi setiap orang yang akan memasuki area tertentu.
“Sebenarnya boks sterialisasi digunakan para dosen dan mahasiswa untuk mensterilkan kuman-kuman pascabersentuhan dewan hewan. Alat itu kebetulan dari Fakultas Peternakan. Baru beberapa saja, dan itu sudah dimodifikasi pihak fakultas menghadapi wabah ini,” ujar Ishaq Rahman, Rabu (25/3).
Selain itu, boks sterilisasi merupakan alat yang selama ini sering digunakan pada area teaching farm Fakultas Peternakan. Alat ini rencananya akan digunakan oleh unsur sivitas akademika Unhas yang terpaksa harus bekerja di luar rumah.
“Rencananya begitu, karena masih ada beberapa pekerjaan yang memaksa pegawai tetap kerja. Kita taruh itu di rektorat dan fakultas di sana,” ujarnya.
Sementara itu, Dosen Fakultas Peternakan Unhas Daryatmo, mengungkapkan Fakultas Peternakan berinisiatif menggunakan alat ini untuk sivitas akademik yang terpaksa harus masuk kerja pada waktu tertentu. Sejauh ini tidak ada kendala dengan alat tersebut sebab sudah biasa digunakan. Hanya dibutuhkan modifikasi dengan penambahan alat semprot elektrik yang mudah diperoleh.
“Ini merupakan alat biasa, untuk mensterilkan orang-orang yang baru masuk ke ruangan tertentu. Tujuannya menghindari bibit penyakit dari lokasi sebelumnya berpindah ke lokasi lain. Kendalanya, semprotan elektrik ini tidak mengalami kelangkaan di pasar. Kita bisa buat ini secara massal, namun tetap kami menunggu arahan pimpinan fakultas, agar semua gerakan kita dalam mengatasi wabah covid-19 terkoordinasi baik,” jelasnya.
Desain dari boks sterilisasi ini dibuat dari rangka besi, dengan model terbuka dengan waktu kontak cairan disinfektan ke seluruh bagian tubuh. Jika seseorang yang masuk ke dalam boks sterilisasi akan memutar tubuh mereka 360 derajat untuk menyemprotkan cairan disinfektan merata ke seluruh bagian tubuhnya.
“Semoga saja bisa membatasi penularan covid-19, baik di lingkup Unhas maupun pada lingkungan yang lebih luas,” tuturnya. (ita)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.