Metro

Terinspirasi dari Anaknya yang Senang Coklat


Rasmi Ridjang Sikati, Pemilik Usaha Cemilan (1)

BKM/ARDHITA ANGGRAENI TERINSPIRASI--Rasmi Ridjang Sikati terinspirasi kedua anaknya yang doyan makan coklat sehingga mendirikan Usaha Cemilan Sabrego. Cemilan Sanrego mulai mendapat tempat dari masyarakat.

MENCIPTAKAN suatu peluang usaha makanan yang menguntungkan dan menyehatkan para konsumen tidak banyak yang memikirkannya. Rata-rata makanan berupa gorengan, keju dan coklat hanya memperlihatkan kelezatan tetapi tidak melihat unsur kesehatan. Olehnya itu, Rasmi Ridjang Sikati mulai membaca peluang itu.

Laporan: ARDHITA ANGGRAENI

Rasmi Ridjang Sikati membuat cemilan khas Makassar yang diberi nama Cokelat Karaeng Sanrego, yang tidak hanya enak tapi juga menyehatkan.
Menurut Wanita kelahiran Makassar, 18 september 1978 ini , awal mula merintis usaha Cokelat Karaeng Sandrego berangkat dari keprihatinannya terhadap cemilan yang justru membuat penyakit di tengah-tengah masyarakat. Apalagi cokelat yang menurut orang bisa membuat gemuk, diabetes hingga membuat gangguan kesehatan. Olehnya itu, ia melahirkan cemilan yang menyehatkan.
“Awalnya kedua anak saya senang sekali makan cokelat. Bahkan mereka marah jika saya melarang, kita tahu sendiri cokelat itu bagaimana. Makanya saya buat cokelat yang membuat kita sehat jika mengkomsumsinya,” ungkapnya saat ditemui penulis, kemarin.
Anak ke empat dari enam bersaudara ini mengakui, sejak mahasiswa sudah mempunyai hobi menulis buku. Inka sapaan akrab Rasmi adalah mantan aktivis kampus. Ia bergelut di sejumlah organisasi utamanya di bidang lingkungan. Makanya ia sangat memperhatikan sekali kesehatan.
Tidak hanya itu Inka dulunya sangat aktif dalam dunia kewartawanan.
Inka memiliki beberapa usaha yang langsung dipimpinnya yaitu, RentaL Mobil GIE, Travel dan Tour Jasmine dan Cokelat Kareang Sanrego. Dimana ketiga usahanya kini sudah bertahan sejak bertahun-tahun.
Untuk saat ini Inka paling sering mempromosikan cokelat Sanregonya, cemilan baru di Makassar, Cokelat Kacang Sanrego yang diproduksi Cokelat Karaeng.
“Cemilan dan produk terbaru ini berbeda dengan produk lain. Kita tahu cemilan lain seperti apa bumbunya, ini terobosan baru di Makassar karena snack ini diracik dengan jamu Sanrego, makanya saya bilang ini cokelat sehat,” ujarnya.
Belum lagi menurutnya, Sanrego ini dibuat untuk menjaga kesehatan bagi yang mengkonsumsinya dan ramah lingkungan. Sanrego dikenal sebagai obat kuat, menyembuhkan diabetes, anti diare, penawar racun makanan, malaria, obat kelainan kulit dan gigitan ular.
“Selama ini orang malas mengkonsumsi jamu Sanrego karena pahit. Akhirnya saya buatlah dalam bentuk snack. Dijamin tidak pahit dan enak dikonsumsi. Orang yang sudah coba juga pasti bilang begitu, dan itu memang terbukti menyehatkan karena pada dasarnya sanrego ini adalah jamu,” bebernya.
Bahkan akhir-akhir ini Inka rutin mempromosiskan usahanya ke pemerintah dan UKM untuk mendapatkan dukungan. Tidak hanya itu Cokelat Karaeng Sanrego ini sudah bisa didapatkan di beberapa outlet di Makassar. (*)

Komentar Anda




Comments
To Top