Sulselbar

Pemkab Anggarkan Rp 1 M Beli APD


LAPOR -- Ketua Satgas Tim Pencegahan Virus Corona, Yeremia Maya melaporkan perkembangan pencegahan Covid-19 Kepada Bupati Luwu Basmin Mattayang

LUWU, BKM — Pemkab Luwu mengalokasikan anggaran senilai Komitmen Bupati Luwu H Basmin Mattayang bersama jajarannya untuk terus bergerak mencegah penyebaran Covid 19,patut di apresiasi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu melalui anggaran tanggap darurat di BPBD Luwu sebanyak Rp1 Milyar telah menganggarkan untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD) yang akan digunakan menangani pasien yang OPD atau PDP.

Ketua Satgas Tim Penanganan pencegahan Corona, Yeremia Maya mengatakan APD ini sudah dipesan sekitar 100 picis.

“Alat sudah kita pesan tinggal kita tunggu datangnya semoga dengan adanya alat ini bisa membantu tugas para medis dan pihak yang terkait,” ungkapnya, Selasa (24/03)di rujab Bupati Luwu

Kepala BPBD Luwu Rahman Mandaria mengatakan anggaran ini diambil dari dana tanggap darurat. Ini dilakukan karena sangat mendesak tentu juga karena petunjuk pimpinan demi masyarakat Luwu.

Direktur Rumah Sakit Batara Guru Dokter Daud mengatakan selama ini perawat yang bertugas di ruang isolasi menggunakan hanya menggunakan jas hujan untuk menangani pasien yang dicurigai corona. “semoga dengan baju astronot yang dipesan itu melindungi para tim medis kami yang bertugas”ungkapnya

Dokter Daud mengatakan butuh 10 perawat orang untuk stanbye untuk shift. Diakuinya para perawat masih banyak yang ragu mau bertugas karena takut resiko. “kami memberi insentif harian pada perawat yang bersedia bertugas itu kami ambil dari dana perjalanan dinas dialihkan ke situ”ungkapnya.

Lanjutnya, tugas mereka memang butuh keikhlasan dan jiwa penganbdian karena selama 8 Jam mereka tidak boleh makan, minum dan buang tinja serta kencing.”karena baju yang mereka gunakan itu satu kali pakai, tapi katanya APD yang dipesan oleh tim bisa tiga kali pakai”ungkapnya.

Bupati Luwu Basmin Mattayang meminta Tim satgas bekerja dengan baik dan sigap dan terus melaporkan tiap perkembangan.”kejadian ini kita harus introspeksi diri masing-masing itu hikmahnya, Mari tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga”ungkapnya.

Untuk sementara data di Luwu yang PDP 1 orang, PDP 7 orang dan 104 monitoring yakni orang masuk yang datang dari luar(wan/

Komentar Anda




Comments
To Top