Gojentakmapan

Minggu Ini Seluruh Pasar di Gowa Selesai Disemprot Disinfektan


GOWA, BKM — Pasca-mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melakukan pencegahan virus jenis baru ini diberbagai sektor, khususnya di tempat-tempat umum. Salah satunya adalah pasar.
Kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dispedastri) Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib, mengatakan, pihaknya saat ini fokus melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah pasar di Kabupaten Gowa.
”Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa sesuai instruksi bupati Gowa agar semua sektor ikut andil dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. Sehingga kami melakukan penyemprotan di beberapa pasar  yang merupakan binaan dinas kami,” kata Andi Sura, Selasa (24/3).
Saat ini telah dilakukan penyemprotan disinfektan di sembilan pasar di Kabupaten Gowa, yakni Pasar Induk Minasamaupa dan Pasar Sentral Sungguminasa di Kecamatan Somba Opu, Pasar Malakaji di Kecamatan Tompobulu, Pasar Majannang di Kecamatan Parigi, Pasar Limbung di Kecamatan Bajeng, Pasar Malino di Kecamatan Tinggimoncong, Pasar Bu’rung-bu’rung di Kecamatan Pattallassang, Pasar Taipa Le’leng Kampili di Kecamatan Pallangga dan Pasar Sentral Balang-balang di Kecamatan Bontomarannu.
”Kami menargetkan untuk menyelesaikan penyemprotan di semua pasar di bawah binaan kami yang jumlahnya 31 pasar. Pasar ini tersebar semua kecamatan di dataran rendah dan dataran tinggi di Gowa,” jelasnya.

Penyemprotan ini dilakukan disemua bangunan pasar. Misal lods penjual sayur, ikan,  barang campuran, maupun pakaian. Selain penyemprotan pasar, dilakukan pemasangan wastafel cuci tangan dan meminta pedagang semakin menjaga kebersihan.
”Kami juga telah melakukan pemasangan wastafel sebagai tempat cuci tangan yang bisa digunakan pedagang dan pembeli. Sekaligus mengingatkan pedagang untuk semakin menjaga kebersihan pasar tempat mereka berjualan,” kata Andi Sura. (sar/mir)

Polres Maros Stop Izin Keramaian

MAROS, BKM — Polres Maros menegaskan tidak akan memberikan izin kegiatan yang mengumpulkan orang banyak selama masa waspada penyebaran virus Corona ini. Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon, mengatakan, Polres Maros akan menolak semua izin kegiatan yang mengumpulkan massa.
“Tentu saja tidak akan menerbitkan izin apabila ada masyarakat yang akan melakukan kegiatan mendatangkan orang banyak, semua perizinan kita tolak,” ujar Kapolres Maros Melalui Kasubbag Humas, AKP Ribi, Senin (23/3).
Dikatakan, kepentingan masyarakat banyak akan diutamakan. ”Untuk pelayanan SKCK dan SIM, masih dilayani. Khusus untuk izin keramaian sudah distop sementara sampai situasi memungkinkan,” katanya.

AKP Ribi menjelaskan, tidak dikeluarkannya izin keramaian sebagai tindaklanjut maklumat yang dikeluarkan Kapolri. ”Dari pimpinan di Mabes Polri juga sudah mengeluarkan maklumat. Salah satunya untuk tidak melakukan kegiatan yang mendatangkan massa banyak,” jelas dia.

Maklumat tersebut berisi tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona. Dalam maklumat tertuang kalimat imbauan agar kegiatan yang menyebabkan berkumpulan massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum dan di lingkungan sendiri ditiadakan.
”Perhari ini, Polsek jajaran sudah kami instruksikan terus berkeliling mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah dan mengadakan acara yang melibatkan orang banyak. (ari/mir/c)

Komentar Anda




Comments
To Top