Bisnis

Gojek Bantu Pendapatan Mitra Driver


SENSOR -- Salah seorang driver Gojek sedang menjalani sensor suhu tubuh sebelum melakukan aktivitas.

MAKASSAR, BKM — Sebagai super app terbesar di Asia Tenggara, Gojek berkomitmen berada di garda terdepan dalam mencegah penyebaran Covid-19 di seluruh ekosistemnya. Yakni melalui berbagai langkah proaktif untuk memastikan keamanan dan kesehatan bersama.
Gojek menekankan tiga area penting dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan mengajak ratusan juta individu dalam ekosistem Gojek yang terdiri dari mitra driver, mitra usaha, merchant, karyawan serta masyarakat luas, untuk bersama-sama saling menjaga satu sama lain.
Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi, mengungkapkan, tiga area penting untuk mencegah penyebaran virus yaitu pembatasan jarak sosial (social distancing), mempraktikkan gaya hidup sehat dan menjaga produktivitas.
Bahkan, untuk mendukung mitra driver dalam menjaga produktivitasnya, Gojek menjadi aplikasi on-demand pertama di Indonesia yang meluncurkan skema bantuan pendapatan mitra driver yang positif terkena Covid-19.
”Ekosistem Gojek terdiri dari ratusan juta individu, dan kami yakin upaya pencegahan yang dilakukan Gojek dapat memiliki dampak besar dalam memperlambat atau mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Kevin Aluwi.
Dalam menggalakkan imbauan social distancing, Gojek menggaungkan gerakan #dirumahaja guna memutus rantai penularan Covid-19. Namun dengan mengikuti gerakan #dirumahaja, bukan berarti mitra harus kehilangan produktivitas.
Karena Gojek siap mendukung berbagai kebutuhan selama masyarakat menjalani aktivitas di rumah. Misalnya, melalui layanan GoFood yang turut mengimplementasikan social distancing dimana sekarang terdapat pilihan contactless delivery dimana makanan diantar dengan meminimalisirkontak langsung.
Inovasi ini berupa tambahan opsi teks pesan cepat1 pada fitur Chat di dalam pesanan GoFood antara pelanggan dan mitra driver. Lebih luas lagi, sejalan dengan arahan pemerintah untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah, Gojek juga mengajak perusahaan dan masyarakat memberlakukan program kerja dari rumah (work from home/WFH).
Sementara untuk fokus area gaya hidup sehat, Gojek berkoordinasi dan berdiskusi dengan para pemangku kepentingan untuk merumuskan prosedur yang memastikan keamanan layanan di tengah tantangan penyebaran Covid-19.
Untuk itu, sejak 12 Maret lalu, Gojek meluncurkan serangkaian pedoman food safety kepada merchant. Termasuk inisiatif baru, yaitu Kartu Penanda Suhu Tubuh yang berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan.
Mereka adalah karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan. Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan dan menjaga agar makanan tetap higienis hingga di tangan pelanggan.
”Berbagai media juga digunakan Gojek untuk edukasi, mengkampanyekan praktik-praktik hidup sehat serta meningkatkan kewaspadaan pencegahan penyebaran Covid-19. Di antaranya melalui notifikasi di aplikasi Gojek yang dikirimkan secara berkala kepada mitra dan pengguna layanan Gojek,” ujar Kevin Aluwi. (mir)

Komentar Anda




Comments
To Top