Metro

Dinkes Kunjungi Penderita Saraf Otak


KUNJUNGI -- Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu mengunjungi rumah kakak beradik mengidap penyakit penderita saraf otak di Kelurahan Suli, Kecamatan Suli, Minggu (22/3)

LUWU, BKM — Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu mengunjungi rumah kakak beradik mengidap penyakit penderita saraf otak di Kelurahan Suli, Kecamatan Suli, Minggu (22/3)
Sekdis Kesehatan Luwu, dr Rosnawary, M.Tr.Adm.Kes. mengatakan, kunjungannya untuk memantau langsung kondisi Helsa (10) (kelainan saraf di otak) dan Gufran (5) mengalami kelainan jantung bawaan. Keduanya adalah anak dari pasangan Haeruddin/Rahmawati.
“Kami melihat kondisi keduanya sekaligus meminta kesediaan orang tuanya mengizinkan dilakukan perawatan intensif di RSUD Batara Guru Belopa,”ujar Sekdis.
Kondisi Helsa dan Gufran harus ditangani secara khusus dokter ahli, sebab tergolong penyakit kronis.
“Sejak tahun 2015, tim Puskesmas Suli melakukan penanganan terhadap kondisi keduanya. Pernah tim membawa Gufran untuk diperiksa ke dokter spesialis anak di belopa. Karena kondisi penyakit si anak, oleh dokter ahli anak menyarankan untuk memberikan rujukan serta pemeriksaan lanjutan dan perawatan intensif ke Makassar tapi kedua orangtuanya menolak karena faktor dana,” jelas Tenaga pelaksana gizi PKM Suli, Hj Aisyah Kadir dan Hj Munawarah.
Menurut Munawarah, pihak Puskesmas tak pernah berhenti memantau kondisi keduanya termasuk rutin memberikan asupan gizi berupa biskuit dan susu setiap bulannya.
Ayah Helsa dan Gufran, Haeruddin mengaku anaknya sudah diperiksa dokter spesialis anak dan dirujuk ke Makassar.
“Kami diiminta di rawat di Makassar tapi kami menolak karena tak punya dana. Makanya saya bawa pulang ke kampung,” ujar Haeruddin. Mengenai keinginan Sekdis yang meminta izin merawat keduanya di RS tergantung hasil kesepakatan keluarga. (wan/C)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.