Kriminal

Polda akan Lakukan Pengecekan


Soal Gedung Puskesmas Batua Terbengkalai

BKM/RAHMAT TERBENGKALAI -- Kondisi gedung Puskesmas Batua, tampak terbengkalai dan tak rampung dikerjakan, Minggu (22/3).

MAKASSAR, BKM — Sudah dua tahun proyek pembangunan Puskesmas Batua di Jalan Abullah Dg Sirua, Kota Makassar, tampak tak tuntas pembangunannya. Bahkan, gedung ini terlihat terbengkalai.
Proyek pembangunan Puskesmas Batua yang dibangun rekanan PT Sultana Nugraha sejak 2018 ini menelan anggaran sebesar Rp25,5 miliar. Dananya bersumber dari APBD Kota Makassar tahun 2018 melalui Dinas Kesehatan Kota Makassar.
Melihat kondisi bangunan Puskesmas Batua yang terbengkalai, memantik reaksi serta sorotan tajam dari lembaga pegiat anti korupsi CLAT (Celebes Law And Transparency). Seperti diungkapkan Ketua CLAT, Irvan Sabang, proyek pembangunan gedung Puskesmas Batua menelan biaya sebesar Rp25,5 miliar. Pembangunannya dikerjakan sejak tahun 2018 dan sampai sekarang belum tuntas.
”Bila melihat fakta kondisi bangunan Puskemas tersebut, tentu saja akan jadi perhatian publik. Karena diduga telah bermasalah,” ujar Irvan Sabang, Minggu (22/3).
Setelah bidang investigasi dan advokasi CLAT melakukan investigasi terhadap progres hasil pekerjaan proyek pembangunan gedung di Puskesmas Batua. Ditemukan fakta jika kondisi fisik bangunan Puskesmas Batua, hasilnya jauh dari apa yang diharapkan pemerintah dan masyarakat.
”Tidak masuk akal. Masa anggaran proyek sampai puluhan miliar. Baru kualitas dan hasil pekerjaannya seperti itu,” tukas Irvan Sabang.
Irvan menilai kalau proyek pembangunan Puskesmas tersebut diduga dikerjakan secara asal-asalan. Serta diduga kuat terjadi penyimpangan pada proyek tersebut. ”Maka dari itu, kami dari Celebes Law And Transparency, meminta Ditreskrimsus Polda Sulsel. Turun mengusut proyek pembangunan Puskesmas tersebut,” kata Irvan Sabang.
Dikonfirmasi terpisah, Direktur Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Agustinus Berlianto Pangaribuan, mengatakan, pihaknya sangat merespon jika ada informasi atau laporan aduan dari masyarakat soal proyek pembangunan Puskesmas tersebut yang diduga bermasalah.
”Nanti kita akan cari tahu dan mengecek langsung kebenarannya,” tandas Agustinus.
Sebab Ia tak ingin berspekulasi dan berkomentar terlalu jauh, sebelum memastikan dengan fakta yang ada di lapangan. Namun dirinya tak menampik jika pihaknya akan segera menindaklanjuti informasi tersebut. (mat/mir)

Komentar Anda




Comments
To Top