Politik

Pelantikan PPS dan Verifikasi Paslon Perseorangan Tetap Jalan


IST Asram Jaya

MAKASSAR, BKM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel memastikan tahapan Pilkada serentak 2020 tetap berjalan. Kendati demikian ada beberapa penyesuaian yang dilakukan sesuai himbauan pemerintah setempat.
Kordinator Divisi Umum, Rumah Tangga dan Organisasi KPU Sulsel, Muh Asram Jaya mengatakan sesuai arahan KPU RI pelaksanaan Pilkada serentak masih sesuai tahapan yang telah ada.
“Memang ada beberapa hal sementara dibahas bersama pemerintah daerah karena larangan berkumpul,”ujar Asram Jaya di Kantor KPU Sulsel, Jl AP Pettarani, Kamis (19/3).
Asram menyebutkan agenda terdekat yang akan dilakukan oleh KPU kabupaten/kota yang menggelar Pilkada adalah pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan/desa, 22 Maret mendatang.
“Mungkin akan kita siasati, misalnya pelantikan dilakukan di setiap kecamatan. Sebentar kita mau rapat teleconfrence dengan KPU pusat dan daerah,” jelas Asram.
Setelah pelantikan, masalah lain yang mesti dicarikan jalan oleh KPU adalah bimbingan teknis ke PPK dan PPS. Tak hanya persoalan SDM penyelenggara, KPU dalam waktu dekat ini juga akan melakukan verifikasi faktual berkas dukungan perseorangan.
Diketahui ada dua kabupaten yang memiliki pendaftar perseorangan. Di Maros ada Muhammad Nur Mahmud- Muhammad Ilyas Cika dan di Selayar ada Zainuddin-Aji Sumarno.
“Verifikasi faktual ini sesuai tahapan 26 Maret. Petugas harus datang ke rumah-rumah. Kita sementara mencari prosedur yang sesuai dan terus berkoordinasi dengan dinas kesehatan,” pungkasnya. (rif)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.