Headline

Diduga Suspek Covid-19 Sepulang Umrah


SIDRAP, BKM– Seorang wanita berinisial IRG (62), warga Kecamatan Maritengngae, dicek kondisi kesehatannya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nene’ Mallomo (Nemal) Sidrap, Senin (16/3).
Sebelum dibawa ke RSUD, IRG terlebih dahulu mengecek kondisi kesehatannya di Puskesmas Pangkajene. Ia mengalami batuk disertai demam kecil sekembali dari menunaikan ibadah umrah.
Di RSUD Nemal, IRG dibawa ke ruang instalasi radiologi untuk pengecekan sampel darah dan rontgen. Kemudian ke intalasi gawat darurat (IGD) untuk diobservasi. IRG diperiksa kesehatannya dan dalam pengawasan ketat untuk memastikan tidak tepapar virus corona sepulang dari umrah.
“Kita bawa ke rumah sakit untuk periksa kesehatan, karena dari umrah dia batuk-batuk,” kata Jumadi, anak IRG saat menunggui ibunya di RS Nemal, kemarin.
Dikatakannya, IRG melaksanakan ibadah umrah di tanah suci Mekkah selama 14 hari. Ia pulang pada 10 Maret 2020.
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sidrap Ishak, mengatakan status IRG masih dalam pemantauan dan penanganan lebih lanjut oleh tim medis RS Nemal.
“Saat ini observasi masih terus dilakukan. Kami masih menunggu hasil lab dan diagnosa medis/dokter,” ucapnya.
Ketua Tim Gerak Cepat Penanggulangan Kejadian Luar Biasa itu, menyebutkan bahwa hingga saat ini tidak ada yang positif covid-19. corona.
Yang ada adalah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 14 orang, delapan di antaranya sudah sembuh, lima dalam kondisi membaik, dan satu masih dalam penanganan lebih lanjut.
Ishak berharap agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang. Diharapkan agar masyarakat selalu menjalankan perilaku pola hidup bersih dan sehat, terutama selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir. (ady/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.