Metro

Belajar Memperbaiki Jam dan Almarhum Ayahnya


Ragib Buka Usaha Service Jam Tangan di Pasar lama (1)

BKM/FACHRUL ENJOY--Ragib merasa enjoy berusaha service dan berjualan jam tangan. Karena menurutnya, usaha ini tidak lerlalu banyak yang menekuninya.

JAM tangan atau arloji merupakan salah satu benda yang paling banyak digunakan saat ini. karena selain berfungsi sebagai alat pengukur waktu, jam tangan juga menjelma menjadi salah satu akseseoris yang
paling diminati dan banyak digunakan sebagai fashion baik itu pria ataupun wanita.

Laporan: FACHRUL AWALIL ILMI MAHMUD

Hanya saja, jika rusak atau baterainya habis pasti mencari tukang service jam. Hal inilah yang menjadi ladang penghasilan dari para tukang service seperti Ragib (42) tahun di wilayah Pasar Lama.
Warga Daya ini telah melirik usaha arlogi ini sebagai peluang bisnis, karena menurutnya jam tangan masih belum terlalu banyak saingan. Cocok sekali jika disandingkan dengan usaha jualan jam tangan dan aksesoris jam lainnya. Bahkan ia sudah menggeluti usaha ini sejak 20 tahun lamanya.
Kepada penulis, pemuda berumur 41 tahun itu mengaku sejak dari kecil ia sudah tinggal di Pasar Lama.
Usahanya-pun turun temurun, dulunya orang tua Ragib juga adalah seorang tukang servis arlogi, tapi semenjak ayahnya meninggal ekonomi keluarga Ragib menurun derastis.
Dengan sangat terpaksa, Ragib yang pada saat itu masih duduk di bangku SD harus putus sekolah karena terbentur biaya pendidikan.
Ragib belajar servis arlogi kebanyakkan melalui metode otodidak dengan mengingat ingat waktu dulu orang tuanya memperbaiki jam tanggan orang lain.”Saya belajar memperbaiki jam tangan dengan cara belajar sendiri, sambil mengingat dulu ketika ayah saya memperbaiki jam tangan pelanggan pelanggannya yang rusak. Termasuk jika ada pelanggan yang hendak mengganti baterai jamnya,” ujarnya.
Dari lahan bisnis ini Ragib menghidupi tiga orang anaknya dan satu orang karyawannya. Usaha ini sangat menarik karena kisaran penghasilan perharinya bisa mencapai Rp300 ribu rupiah perhari.(*)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.